Taucho Udang

20111228-072322.jpg

Cuaca mendung disertai rintik hujan seperti hari ini, enaknya sih bergelung sambil meneruskan petualangan Soren di hutan tyto nya.

Tapi bentar lagi si sulung pulang sekolah, harus makan siang. Juga karena orang tua saya juga mau datang, mari kita masak-masak. Hidangan satu ini termasuk kesukaan semua, masaknya gak lama juga praktis, 2 in 1 aka masak lauk sekalian sayurnya dalam satu hidangan. Namanya taucho udang.

Rasanya sih mantap, apalagi dimakan selagi hangat dengan nasi hangat juga. Saya suka, duo bolang suka (dg catatan tidak pedas), orang tua saya juga suka, cuman si ayah yg gak suka, karena emang alergi udang. Hey, lagian si ayah kan emang sedang diet, makannya tahu tempe aja…kesiaan hehe.

Resep ini saya contek dari buku resep yg tergeletak tak berdaya di dalam bufet dirumah orang tua saya. Ini dia bahan dan cara masaknya. Dan karena duo bolang gak bisa pedas, cabe-cabean dihilangkan dari peredaran. Tapi kalo suka pedas, boleh dimasukkan, sesuai selera aja.

Bumbu :
– 8 bawang merah ==> iris
– 3 bawang putih ==> iris
– 4 cabe hijau ==> iris
– lengkuas ==> iris
– 1 serei
– 2 daun salam
– 1 tomat ==> potong tipis
– jahe ==> iris
– cabe merah (kalo suka, kl saya sih gak pake)

Cara masak :
1) tumis semua bumbu diatas sampe harum
2) masukkan taucho (3 sendok makan, kl saya pake taucho manis) aduk sampe matang
3) masukan udang, aduk sampe berubah warna
4) masukan buncis (kl resepnya sih pake kacang panjang, tapi saya pake buncis) yg sdh dipotong-potong kecil, garam (rasain dulu sebelum pake garam, karena taucho biasanya sudah asin) & gula
5) masukan air, masak sampe bumbu meresap.

Selamat mencoba

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: