Sambal Tumpang

Pernah liat resep sambal tumpang di internet, tapi lupa terus mempraktekkannya kalo punya tempe. Suatu ketika disebuah tempat makan tiba-tiba mata saya bersirombok (halah..bahasanya) dengan daftar menu sambal tumpang yg dipatok harga 15rb/porsi. Pengen nyoba sebenarnya, tapi keingat punya resep ini dirumah dan bahan bakunya juga cuma tempe gitu loh..yang semena-menanya pun harganya paling mahal 6rb rupiah (haha mulai perhitungan). Jadilah begitu punya tempe, langsung bertekad bulat bikin sambal tumpang sendiri..penasaran kayak apa sih rasa & bentuknya..hehe..

Setelah diicip-icip, agak kecewa awalnya sama rasanya. Duh kayaknya gak sebombastis iklannya, eh ternyata..pas masak saya kebanyakan air sehingga rasanya jadi kurang menarik. Tapi saat dimasak lebih lama, sehingga air mulai surut (banjir kali surut), dan kuah mengental, rasanya ternyata enak juga. Pedas, gurih (dari santan), cocok nih sama lidah saya. Tapi kayaknya si ayah kurang klop deh, dia kan paling sebel makanan bersantan hehe. Gak ada salahnya cobain deh, murah meriah dan enak..

Bahan :
– tahu yang sudah di goreng
– tempe
– santan (kara 65ml)
– 3 daun salam

Bumbu Halus :
– 8 bawang merah
– 5 bawang putih
– 8 cabe merah keriting
– cabe rawit (kalo mau tambah pedas)
– 2 cm kunyit
– 2 sdt garam
– 1 sdt gula putih
– gula merah dikit

Cara Membuat :
1) didihkan air bersama bumbu halus serta tahu tempe
2) angkat tempe & tumbuk / haluskan tempe, masukkan kembali dalam air rebusan.
3) masukkan daun salam, dan santan. Didihkan kembali, masak hingga kuah mengental. Sajikan hangat

Selamat mencoba, kalo suka kasih tahu ya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: