Mr.Crab Asam Manis

20111228-063419.jpg

Tahu kan rasanya Mr.Crab yg maknyus? Ini juga salah satu kesukaan tuh yg suka bikin jebakan kepiting.

Sudah seminggu ini si sulung minta rajungan, katanya gak usah makan diluar, bunda aja yg bikin…lebih enak hehehe si bunda jd tersipu-sipu senang (ya pasti senanglah kl dipuji anak). Sudah semingguan juga tkg sayur langganan disuruh bawain, gak bawa-bawa. Akhirnya setelah penantian panjang, hari ini dibawain juga…tapi kepiting! Katanya sih rajungan susye dipasaran, jd ya sudah deh terima aja.

Kepiting dan rajungan sih sebenarnya satu spesies, rasanya juga sama, bedanya yg satu kulitnya keras , yg satu lagi lebih bersahabat (lunak maksudnya).

Sebelum dimasak, kepiting dicuci dan dibersihkan dulu. Untuk yg satu ini, saya serahkan kepada ahlinya yaitu si ayah. Tapi karena tangannya masih sakit, kai yg sedang mendatangi cucu pun turun tangan, thengkyu kai

Kemudian direbus dulu, dan dipotong-potong, siap dimasak. Nih langkah selanjutnya

Bumbu :
– 1 bawang Bombay ==> iris
– 2 bawang putih ==> iris
– saus tomat
– saus asam manis
– 1 sendok teh jeruk nipis
– garam & gula secukupnya

Cara masak :
1) tumis bawang putih dan bombay sampe harum
2) masukan saus tomat & asam manis, aduk sampe matang
3) masukan kepiting, tambah gula & garam. Masak sampe matang
4) matikan kompor, tuang jeruk nipis diatasnya. Siap dihidang

Gampang kan? Gak susah, malah sederhana banget. Tapi kata anak & suami saya lebih enak daripada masakan sebuah resto kepiting terkenal. Ortu saya juga sering promosiin kepiting saya ke teman-teman mereka, teman saya yg pernah nyoba juga katanya enak. Padahal sih bumbu yg saya pake biasa-biasa aja. Mungkin karena masaknya penuh cinta, makanya enak – lebay.com- hehehe. Selamat mencoba🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: