Lempah Kuning Ikan Kembung

20111228-030536.jpg

Jam segini masih bangun dengan mata berat sementara krucil dan kepala suku sudah terlelap. Bukan karena menyelesaikan the secret of the immortal Nicholas Flamel yang gak tamat-tamat, bukan juga karena asik melototin fox atau natgeo. Tapi karena pesanan khusus krucil, besok mau makan “ayam kecap”.

Uhh, kayak gak ada makanan lain aja yang enak. Belakangan ini pesanan mereka itu-itu melulu, ayam kecap, atau spaghetti atau yang satunya lagi ikan lunak-lunak (pindang patin). Belum menemukan lagi nih resep top cer untuk duo krucil yang membuat mereka melupakan kegemarannya.

Akhirnya terpaksa deh mengalah, malam-malam gini begadang bikin ayam kecap untuk krucil, sementara si ayah yg doyan pedas dibikinkan lempah kuning ini. Katanya sih makanan khas bangka, dan biasanya pake tenggiri. Tapi diganti ikan apapun ok, kalo saya pake ikan kembung yg murah meriah. Rasanya? Mantap gan..asem, pedas, seger…

Bahan :
– 9 ikan kembung (tergantung ukurannya, karena kecil jdnya 9)
– air asam jawa
– nenas ==> secukupnya aja

Bumbu Halus (serba sepuluh)
– 10 bawang merah
– 10 bawang putih
– 10 cabe keriting merah
– 10 cabe rawit ==> kalo pengen pedasnya lebih nendang
– 2 cm kunyit
– 2 cm laos
– 50 gr terasi, kira-kira 1 sdm

Cara Memasak :
1) tumis bumbu halus hingga wangi
2) masukkan 1liter air, air asam, garam dan ikan. Masak hingga ikan setengah matang
3) masukkan nenas, masak hingga ikan dan nenas matang. Sajikan hangat

Dan waktunya tidur, good nite everybody..have a nice dream…ZZZZzzzz

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: