Gulai Ikan Kakap

Akhirnya masak gulai kakap dimasa injury time. Tadi pagi bangun kepagian bener, lanjut sepedaan sama si bungsu, begitu sampe rumah mata jadi berat. Ketiduran sampe jam 11, males banget masak jadinya. Niatnya sih beli masakan matang aja, tapi pas pergi ketemu tkg sayur langganan yg mukanya memelas banget karena dagangannya masih banyak padahal hari sudah menjelang siang dan dia gak punya kulkas utk nyimpan dagangan yg tidak habis terjual. Terpaksalah beli ikan kakap. Tapi tetap pergi ke warung…eh warungnya ternyata tutup. Ya sudahlah, pulang lagi..terpaksa deh masak kakapnya..untung aja tadi beli..hehe. Buka iPad, buka bookmark..bongkar kulkas, blender sana sini, masak…tadaa tepat jam 12 siang gulai kakap ready to serve..mantap. Saking injury timenya, fotonya aja jadi langsung diambil dari tempat masak (wajan) hehe. So ini resepnya yg diintip dan dimodifikasi (sesuai ketersediaan bahan dikulkas) dari kitabmasakan.com.

Bahan :
– 1 kg ikan kakap, kalo kebanyakan bisa dikurangi
– jeruk nipis

Bumbu Halus :
– cabe keriting ==> suka-suka, kl suka pedas pakai banyak, kalo gak dikit aja. Saya pakai 3 saja
– 1 sdt ketumbar
– 10 bawang merah
– 6 bawang putih
– 4 cm jahe
– 4 cm kunyit
– 4 cm lengkuas
– 1 kemiri
– garam & gula secukupnya

Bumbu Aromatik :
– 2 serai
– 6 daun jeruk
– 3 daun salam
– asam kandis (kalo gak ada pakai asam jawa)
– santan

Cara Memasak :
1) lumuri ikan dengan jeruk nipis, diamkan beberapa saat
2) tumis bumbu halus hingga wangi, masukkan ikan hingga berubah warna. Tambahkan santan cair, dan bumbu aromatik lainnya
3) jika sudah mendidih, tambahkan santan kental. Masak hingga matang.
4) sajikan hangat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: