Pepes Bakar Patin

20111228-044155.jpg

Bikin pepes sebenarnya simple, bumbu tinggal blender campur dengan bahan, biarkan di kukusan sampe matang. Gampang, gak banyak keluar tenaga. Tapi mungkin ini jadi masakan paling boros tenaga gas sedunia hehe. Coba bayangkan, sudah dikukus eh dibakar lagi, dan karena saya pake bakarannya bertenaga gas, jadilah masakan paling boros tenaga gas tapi gak apalah, demi kepala suku yg lagi diet. Jadi buat yg sedang diet goreng-menggoreng, ini bisa menjadi alternative pilihan. Cekidot…

Bahan :
– ikan patin tentunya
– jeruk nipis
– garam & gula (pastinya dong, kecuali diet garam & gula juga)
– rawit / cabe hijau ==> iris
– tomat ==> kalo ada sih belimbing sayur, biar asemnya gimana gitu..

Bumbu Halus :
– 8 cabe keriting ==> sesuai selera
– 5 bawang merah
– 3 bawang putih
– 3 kemiri
– jahe
– lengkuas

Cara Masak
1) lumuri ikan dengan garam & jeruk, diamkan
2) campur dengan bumbu halus, garam, gula secukupnya. masukkan dalam daun pisang, taburi dg tomat atau belimbing sayur, cabe hijau, bungkus
3) kukus hingga matang, kurang lebih 45 menit hingga 1 jam, tergantung api dan kukusannya. angkat..
4) bakar hingga kering. Sajikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: