Gua Limbuhang Haliau, Hulu Sungai Tengah – Kalsel

3 01 2020

Dalam perjalanan balik ke hometown, kami mampir ke Gua Limbuhang Haliau yang terletak di Sungai Pagat, Hulu Sungai Tengah, Kalsel. Tiket masuknya kalau tidak salah 5rb/orang dan parkir 10rb. Sayangnya kami sampai di tempat ini sekitar jam16.55 menit sementara di baliho yang dipajang di tepi jalan tertulis bahwa gua tutup jam 17.00…yaaahhh telat. Tapi saat nanya sama penduduk setempat, dia bilang masih buka….buru-burulah kami parkir di dekat pohon durian yang sedang berbuah.

Sebenarnya kami gak tahu kalau di daerah ini ada gua bahkan ada objek wisata. Dalam perjalanan menuju Tanjung, si ayah sudah ngantuk berat…diajak gantian nyetir gak mau. Jadi supaya ayah bisa ngilangin ngantuk, ayah menyuruh krucils cari di google maps ada wisata apa di sekitar daerah kami sedang berada, kebetulan di google ditulis ada riam sungai pagat. Isenglah melipir 9 km dari jalan trans kalimantan. Sebelum sampai di titik yang dituju, kami melihat baliho besar bertuliskan gua Limbuhang, pada akhirnya kami memilih ke gua limbuhang.

Ternyata tempat ini bukan cuma gua, tapi ada kolam renang, spot-spot foto ala instagram. Tapi karena hari sudah mulai gelap, sudah jam 5 sore plus mendung dan terdengar petir dari kejauhan, menyebabkan kami fokus ke gua nya saja. Guanya letaknya menjorok ke bawah, pengunjung harus menurunin sejumlah anak tangga yang curam di bebatuan. Di dasarnya berisi air berwarna toska, dikelilingi bebatuan cadas dan rimbunan pepohonan, cahaya matahari yang masuk menimbulkan berkas cahaya cantik…sayangnya kami sudah terlalu sore di tempat ini dan mendung hingga kondisinya gelap. Bisa di google bagaimana bentuk gua nya sebenarnya, saya hanya sempat foto krucils di salah satu spot foto dekat gua, di gùa nya sendiri sempat foto juga cuma gelap.

Krucils malah asik main di sungai dekat gua Limbuhang ini. Kami sempat melihat warga yang sedang berburu udang. Walau sore sudah hampir tutup dan mendung , pengunjung lumayan ramai juga. Umumnya pengunjung anak-anak muda yang sibuk berfoto-foto di spot foto. Di tempat parkir kami malah asik melihat orang yang manjat pohon durian, panen durian euy…Kalsel memang the best kalau sedang musim buah, banyak banget buah-buahan.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: