Agra Fort, Agra

17 07 2019

Kami tiga hari di Agra, hari kedua kami putuskan ke Agra Fort. Begitu keluar hotel langsung ditempel sama supir tuktuk dan taxi. Ketika tanya harga tuktuk, dia nawarin 250 rupee. Saya tawar 100 rupee, dia nurunin jadi 200 lalu 150. Namun sebagai emak-emak militan saya keukeuh 100 rupee, kalau gak mau yo wes. Eh akhirnya dia setuju. Sip deh. Eh di tuktuk tuh supir berisik banget dah…mau ngantar kami ke tempat-tempat lain, kami cuekin aja. Begitu sampai Agra Fort, saat ayah mau bayar…supirnya gak mau terima uàngnya. Katanya nanti aja dibayar pas balik hotel, biar dia tungguin kami disitu. Whats?!!! Gak mau dong kami, kami bilang tinggal aja…kami banyak urusan. Eh dia maksa, dia bilang free kok dia nungguin disitu, gak usah bayar biaya nunggu dia. Yaeyalah, siapa juga yang mau bayar…dipaksa-paksa ambil uang rupee, tetap gak mau terima. Ya sudahlah sesukamulah…

Tiket masuk Agra Fort ini 1250 rupee juga per orang…hiks hiks, disitu saya sedih…kok mahal banget sih kalau untuk wisatawan asing. Bedanya jauh banget dengan tiket masuk warga lokal. Untungnya krucils tetap gratis jadi masih agak legaan dikitlah. Agra Fort ini luas banget, keren dan banyak tupai. Tupainya jinak-jinak. Sayang panas yang menyengat memaksa kami tidak berlama-lama di sini. Panasnya itu menyengat banget, luar biasa. Baju kami basah kuyup banjir keringat, sulung saya tidak tahan kena panas langsung pusing dan ngajak balik hotel.

Hampir di semua tempat wisata India, tripod dilarang dibawa masuk. Kalau sudah terlanjur bawa di suruh simpan di loker. Setelah mengambil tripod di loker, balik ke tuktuk yang ternyata masih setia menanti…lalu buru-buru balik ke hotel. Segala rencana yang paginya telah disusun seperti mau ke stasiun untuk beli tiket kereta, mau ke restoran nyari makan, dsb mendadak dibatalkan. Kalau panas gini mendingan ngadem di hotel aja deh, ntar sore aja kalau cuaca bersahabat baru keluar lagi. Pada kenyataannya kami tetap ngadem di hotel sampai malam, malas keluar-keluar lagi

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: