Museum Balanga, Palangkaraya

15 01 2019

Allrait gaes, mari kita cerita tentang petualangan akhir tahun krucils bersama kai (kakek; bahasa banjar-kalsel).

Akhir tahun 2018 sebenarnya kami punya berbagai plan, pilihannya keliling Sulawesi, keliling Kalimantan minimal ke Tanjung Puting atau menyusul ayah yang sedang gawe di pulau Jawa untuk kemudian sama-sama jalan setelahnya….tapi kemudian seperti biasa, si ayah gak dapat cuti…hiks hiks…melipir ke pojokan ngupas bawang biar ada alasan ngelap mata. Tapi kan tingkat kepedean si bunda sedang diambang batas maksimal sejak sukses keliling Sumatera hanya bertiga bareng krucils, jadi kami memutuskan no problemo kalau ayah gak bisa cuti…kan kami bisa melipir bertigaan keliling Sulawesi karena krucils pengen melihat Wakotobi atau Togean.

Saat ijin kepada kedua ortu saya, kakek nenek krucils seperti biasa…langsung memberi berbagai alasan yang intinya sih sama, tidak mengijinkan kami berpetualang bertigaan aja keliling Sulawesi. Kemudian papa (kai krucils) yang langsung mengajak kami menemanin beliau menengok rumah nenek saya (datuknya krucils) yang kosong di Kalsel. Hmmm, setelah bersemedi beberapa hari akhirnya saya setuju dengan pertimbangan kasihan papa sendirian di rumah karena ibu sedang ada acara di Bogor, sekalian nemenin papa mengenang masa kecilnya di kampung halamannya yaitu rumah datuk di Kalsel. Baiklah kai, mari kita berpetualang bareng….

Sebelum ibu pergi ke Bogor, kami diceramahi uci (panggilang krucils, untuk ibu saya) tentang jangan ajak kai jalan jauh-jauh, jangan begini, jangan begitu….baiklah ci, dont worry. Jadilah tujuan awal hanya nemenin kai nengok rumah masa kecilnya di Tanjung, Kalsel, paling jauh paling ke Banjarmasin. Dan karena jalan sama kai yang sudah sepuh, harus menyesuaikan sikon. Kalau capek berhenti, berangkat juga harus pagi-pagi biar gak kemalaman. Btw, kai loh yang nyetir sepanjang perjalanan, hebat kan. Singkat cerita, kami berhasil mempengaruhi kai agar terus ke Palangkaraya…dan kami sampai juga di Palangkaraya tanggal 27 Desember 2018 sore.

Keesokan paginya, setelah sarapan di hotel yang kenyang banget karena makanannya walau sederhana lumayan enak, kami singgah dulu di Museum yang letaknya tidak jauh dari hotel. Begitu tiba di Museum sekitar jam 8-an pagi, kami ke loket tiket masuk. Sekitar 2 tahun lalu kami pernah juga ke museum ini, namun sayangnya sedang tutup sehingga hanya berfoto-foto diluar. Beruntungnya kali ini museum buka walau masih sepi karena masih pagi, bahkan petugas museum belum datang semua. Saya lupa lagi harga tiketnya, kalau tidak salah hanya 2500/orang, sayangnya tiket masuknya sedang habis jadi tidak dapat tiket awalnya, namun karena krucils hobi ngumpulin tiket masuk saya memaksa meminta tiket masuk untuk kategori pelajar SMA aja untuk diberikan kepada krucils sebagai kenang-kenangan…haha.

Bangunan museumnya sih penampakannya lumayan besar tapi ternyata kecil saya. Ada 2 ruang, yaitu ruang Ethnographi dan Tjilik Riwut. Di ruang Ethnographi lantai dasar ini umumnya memajang belanga , yaitu guci-guci antik…lantai duanya berisi rumah adat, dan perlengkapan yang biasa digunakan masyarakat seperti topeng, jala, dsb. Sedang di ruang Tjilik Riwut memuat tentang Tjilik Riwut, salah satu pahlawan nasional dari Palangkaraya. Seru, krucils antusias seperti biasa, dan kami bertemu pengunjung lain yang berasal satu kota dengan kami sehingga saling bertukar informasi mengenai jalan karena mereka datang dari arah Banjarmasin dan kami datang dari arah Buntok.

Banyak pelajaran yang bisa dipetik dari mengunjungi museum, sayangnya generasi sekarang sedikit sekali yang berminat mengunjungi museum, demikian salah satu keluhan dari petugas museum. Jika hendak mempelajari sebuah kota, kenalilah budaya dan masyarakatnya, dan itu bisa dilihat di museum. Jadi gaess…mari cintai museum, ramaikan museum, dan tumbuhkanlah cinta budaya sendiri.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: