Kemah Nasional 4, Cibubur

19 11 2018

Yeaaayyyy, kemaaahhh ….

Walau seperti biasanya harus dipaksa bundanya dulu untuk ikutan acara berkemah, namun ujung-ujungnya selalu sama, pada akhirnya krucil senang. Bungsu saya jadi bersemangat banget mau berkemah, alasan utamanya sih karena teman-teman yang ikut kemah ini menyenangkan semua. Bundanya mikir sejenak…hmmm, maksudnya menyenangkan itu gimana dek? Kemudian bungsu pun meralat pernyataannya, maksud adek, temannya lucu semua. Baiklah kalau begitu…dalam hati si bunda bersorak, yesss 😆

Kemahnya sih dimulai tanggal 16 Nov-19 Nov 2018 di Cibubur, namun supaya pasukan kecil-kecil ini punya waktu istirahat, ustadz pemimpin kontingen memutuskan agar kontingen ini berangkat sehari sebelumnya, yaitu tanggal 15 Nov. Siap komandan! Rencana awal ayah bunda akan mengantar, apa daya ayahnya harus berangkat juga tanggal 10 Nov, eh selang dua hari kemudian sulung berangkat pula tanggal 13 Nov, pada akhirnya bundanyalah yang mengantar sendiri. Semangat dek, you can do it ! Selamat bersenang-senang sayang…muah muah….

Si ayah menyuruh bundanya ikutan anaknya kemping juga, atau jalan-jalan sendirian biar gak lumutan dirumah…ealah dikira puun apa bisa lumutan 😆. Bundanya sudah terbiasa kemana-mana bareng anak, ya gak asik jalan sendiri…kalau ngintilan anaknya entar tujuan mulia dan luhur (halah, lebay…) si bunda (yang sudah mewajibkan anaknya ikutan kegiatan ini) yaitu agar krucil jadi anak-anak tangguh dan mandiri jadi gak tercapai dong. Jadi si bunda nahan diri terhadap godaan tiket di traveloka….sabaaaarrr, tarik napas…hembus, tarik napas lagi…tahan, melipir kepojokan ngupas kuaci…wkwkwk. Eits, walau bundanya gak jadi ikutan tapi dengan kekuatan handphone jadulnya tetap memantau perkembangan krucils di group wa.

Hari pertama, cuma jalan-jalan ke kota tua dan monas. Aman. Hari kedua, mulai masuk bumi perkemahan, tapi dari foto yang dikirim pembimbing regu tampaknya anak-anak regu senyum sumringah, ceria ….aman. Menjelang siang, mulai info masuk kalau beberapa peserta pusing, tidur di tenda dan tidak ikutan upacara pembukaan. Hmmm, si emak mulai khawatir apalagi hp tidak aktif. Begitu hp aktif, eh bungsu telp sambil nangis-nangis….adek kangen bundaaaaa…hiks hiks. Si bunda kan jadi ikutan mellow…sabar ya dek, mau bunda jemputkah? Sambil terisak-isak bungsu saya menjawab , “ee..nn..ggga…aakkkk”. Iya, adek pasti bisa kok, semangat!!!

Hari ketiga, tidak ada lagi tangisan. Yeaaayyy….akhirnya bungsu saya sudah bisa beradaptasi. Sampai hari terakhir berkemah, bungsu bisa survive. Proud of you dek, kecup kecup. Kemudian semua kembali ke mess, dan di mess mereka semua bergembira. Duuhh hati bundanya jadi plong rasanya, berbunga-bunga tiap liat senyum mereka dan mendengar candaan mereka. Malah yang serunya dan bikin kaget, tetiba malam-malam si bungsu update status kalau sedang makan cream soupnya KFC, si bunda pun langsung keluar introgasi selidik ala intelnya…dapat dari mana? siapa yang ngasih?…rupanya mereka sekamar urunan pesan gofood…alamakjang…hahaha.

Akhirnya tanggal 21 Nov 2018 sekitar jam 19.00 wita, bungsu saya tiba kembali di hometown. Begitu melihat rombongan kemnas berjalan menuju pintu keluar bandara, hati si bunda langsung haru biru…begini ya rasanya menyambut anak pulang. Ada rasa haru, kangen dan bangga campur aduk. Banyak hal yang diceritakan bungsu saya begitu sampai di rumah, dari betapa capeknya dia dan teman-teman berjalan jauh dari lapangan utama menuju tenda sambil membawa banyak barang, tentang tenda yang panas, toilet yang jorok dan jarang ada air sehingga mereka tidak mandi selama 4 hari berkemah (what.!😲), tentang makanan yang terasa membosankan, tentang air minum yang selalu habis, tentang perkenalan mereka dengan teman-teman dari daerah lain (Manado, Muara komam, Malaysia,dll)…dan seterusnya dan sebagainya. Tapi asyik kan dek berkemah itu? Selidik bunda. Iya asyik jawabnya berseri-seri. Someday adek dan teman-teman bakalan merindukan momen-momen kemnas ini.

Terima kasih kami ucapkan untuk ustadz dan ustadzah yang sudah menjaga anak-anak, juga kepada para orangtua regu teratai …semoga Allah membalas kebaikan kalian.

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: