Museum Uang Sumatera

7 07 2018

Urusan museum-museum, krucils saya jagonya. Tahu aja museum dan letaknya yang bahkan bagi warga lokal belum pernah kedengaran. Mereka meminta teman saya mengantarkan kami ke Museum Uang Sumatera. Tempatnya nyempil dipojokan Gedung Juang. Tiket masuknya 10rb/orang dan masing-masing dapat souvenir berupa uang koin Kesultanan Palembang 1659-1825 (asli loh katanya), yang membuat krucils saya girang banget. Krucils saya memang anak Milenial dengan selera old school, hobinya yang antik-antik

Rupanya museum ini dikelola oleh komunitas pecinta uang kuno (laah saya juga pecinta uang, uang merah khususnya hehe), jadi bukan museum milik negara walau berada di gedung milik pemerintah. Selain itu tempatnya juga kecil dan dipojokan. Mungkin itu pula sebabnya, museum ini sepi dan tidak diketahui oleh warga lokal, yang tahu malah wisatawan menurut keterangan penjaga loket.

Isinya sih cukup menarik bagi krucils saya, mereka antusias melihat isi museum. Bertanya ini itu, menunjuk ini itu, foto ini itu. Plusnya adalah ada guide yang menemani sehingga kami bisa bertanya langsung pada guidenya mengenai sejarah uang-uang tersebut. Cukup banyak pengetahuan yang didapat krucils disini. Ok anak-anak…mari kita lanjutkan keliling kotanya.

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: