Istana Maimoen

7 07 2018

Dulu sekali, waktu adek saya menikah di Medan dan baru ada sulung saya yang ketika itu masih berusia kurang lebih setahun, kami pernah ke Istana Maimoen. Mungkin itulah salah satu alasan kenapa bungsu saya pengen banget ke Istana Maimoen ini, selain mungkin dikiranya istana ala princess Pokoknya kalau sulung sudah, bungsu biasanya gak mau kalah. Baiklah, mumpung sudah ada di pulau Sumatera …mari kita lanjutkan petualangan.

Begitu kami sampai Medan, salah satu sohib saya menawarkan dirinya jadi tour guide. Hari kedua di Medan pun kami berkeliling diantar teman saya ini, termasuk ke Istana Maimoen ini. Tiket masuknya 10rb/orang. Istana Maimoen ini penuh banget dengan turis, mau foto ke arah manapun ada aja turisnya, harus sabar-sabar aja kalau mau dapat hasil foto yang maksimal. Istananya nampak lumayan besar, begitu masuk…ternyata yang dipakai untuk wisatawan hanyalah ruangan kecil yang berupa Singgasana Raja, Kursi Raja, beberapa lukisan dan cermin. Sisa bangunan lain masih dipakai anggota kerajaan dan orang berjualan (kebanyakan berupa penyewaan baju adat). Agak kecewa sih melihatnya, ekspektasi kami dalamnya seperti museum lah dengan beberapa peninggalan kerajaan.

Di depan, dekat areal parkir, ada meriam puntung. Bangunannya tertutup dan didalamnya ditutupin kain-kain berwarna kuning. Untuk masuk meriam puntung ini pengunjung dipungut biaya 3rb/orang. Apa sih meriam puntung itu? Menurut hikayat puak Melayu Deli, meriam puntung adalah penjèlmaan dari adik Putri Hijau yang berubah menjadi meriam untuk mempertahankan istana dari serbuan Raja Aceh setelah pinangannya ditolak oleh Putri Hijau. Saking panasnya moncong meriam terbelah dua, satu bagian terlontar ke Tanah Karo, satu bagian lagi disimpan di Istana Maimoen.

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: