Morning Alms Giving Ceremony, Luang Prabang

9 03 2015

20150309-102220.jpg

Setelah menempuh perjalanan darat yang menyenangkan sekaligus memabukkan selama hampir 22 jam, akhirnya kurang lebih 5 subuh waktu setempat kami pun sampai di Luang Prabang. Iya, di Luang Prabang…salah satu kota kecil yang super duper tenang di Laos.

Terus apa sih menariknya Luang Prabang? Menurut saya ya ketenangannya itu yang menarik minat banyak traveler dari seluruh dunia datang ke kota kecil ini, yang untuk sampai kesini butuh perjuangan yang tidak sedikit. Umumnya traveler dari Chiang Mai menuju Luang Prabang menggunakan dua cara, yaitu jalan darat 22 jam atau melalui sungai Mekong (slowboat) yang memakan waktu 2 harian sendiri. Tapi anehnya dengan perjuangan sebegitu besarnya, begitu sampai di Luang Prabang yang ditemui sepanjang jalan para traveler dari berbagai belahan dunia…penuh banget dengan turis.

Luang Prabang sendiri kotanya kecil, banyak bangunan tua peninggalan penjajahan Prancis yang dilestarikan, dijadikan hotel ataupun hostel, tempat makan, dan berbagai keperluan lainnya. Selain daya tarik arsitektural tersebut, rupanya salah satu daya tarik wisatanya adalah adanya Morning Alms Giving Ceremony. Apaan sih itu?

Morning Alms Giving Ceremony adalah setiap subuh sampai pagi menjelang, penduduk lokal duduk berjajar rapi di sepanjang jalan dengan beberapa makanan tersaji didepannya. Makanan tersebut diberikan untuk para biksu yang setiap pagi rutin berjalan beriringan mengelilingi kota untuk menerima pemberian dari para penduduk ini. Kadang-kadang beberapa turis juga ikutan memberi makanan ini.

Padahal setahu saya, hampir setiap kota di Thailand juga ada yang begini. Cuma mungkin yang di Luang Prabang ini lebih tertib dan rapi sehingga malah jadi ikon wisata di Luang Prabang. Untungnya lagi kami sampai di Luang Prabang subuh, di saat para biksu mulai berjalan dari tempat mereka menuju kota. Dan karena kami belum boleh masuk kamar hotel yang telah kami beli karena waktu check in siang, kami yang terlunta-lunta di jalan malah dapat keuntungan dengan melihat adat mereka ini. What a lucky us🙂


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: