Luang Prabang National Museum

9 03 2015


Banyak pengalaman seru yang kami alami dalam pengelanaan kami selama ini, salah satunya kami belum boleh masuk kamar hotel walaupun kami sudah beli…merana pisan kan? Berada di negeri orang, datang subuh dalam kondisi ngantuk plus pegel dari perjalanan jauh eh gak boleh masuk dulu lagi. Dengan santainya pihak resepsionis cuma menyuruh kami menaruh tas di resepsionis, setelah itu loe pergi deh dari sini terserah kemana…yang penting hanya boleh masuk jam 2an siang nanti. Huaaa….hiks…hiks, kalau dia ngerti bahasa Indonesia mungkin sudah saya nyanyikan lagu Satria Bergitar …engkau sungguh T.E.R.L.A.L.U….

Si ayah mengajak kami nyari hostel atau guesthouse lain yang lebih murah selama nunggu jam check in kami. Laa piye toh yah, itu hotel mahal loh…sayang ah kalau gak dipakai, lagian kan rencananya kami di Luang Prabang hanya sampai sore. Malam sudah meneruskan lagi pengelanaan ke Vientiane. Setelah stttsss…psssttt…suit suit…eh apaan sih? Maksudnya setelah berembuk sejenak di perempatan post office, akhirnya kami putuskan…baiklah, tidak boleh masuk kamar hotel bukan masalah untuk petualang sejati. Markimon, mari kita mulai sekarang saja penjelajahan kita di kota kecil ini, biar nanti siang saat kita bisa check in tinggal tidur saja sepuasnya.

Setelah menyasarkan diri entah kemana akibat sok tewu yang besar, tidak punya peta dan nunggu jarum jam mengarah ke angka 2 yang terasa seabad, akhirnya sampailah kami di Morning Market. Morning Market ini ya pasar biasa, jual sayur mayur, lauk pauk, beberapa baju, dsb. Kami sempat mencoba kue surabi kecil-kecil yang yummy banget seharga 5rb Kip, sebuah makanan aneh yang terbuat dari sarang lebah yang dipanggang didalam daun pisang juga seharga 5rb Kip. Rasanya kenyal-kenyal aneh gitu sih tapi si ayah suka.

Keluar dari Morning Market ternyata baru jam 8.30 pagi…OMG, kemana lagi kita? akhirnya kami duduk-duduk aja sambil makan surabi depan Morning Market…eh saat duduk-duduk gitu terlihat oleh kami turis-turis berbondong-bondong kesuatu arah tidak jauh dari tempat kami duduk-duduk. Akhirnya rasa penasaran mendorong kami mendekat, tuh ternyata benar dugaan kami bahwa itu adalah Luang Prabang National Museum.

Tentu saja karena punya krucils penggemar museum nomor wahid, kami memutuskan masuk dong. Tiket masuknya 30rb Kip/orang dewasa. Krucils tidak dihitung karena anak-anak gratis, asyik ya bawa anak berpetualang tuh bisa dapat banyak gratisan…hehe. Di luar sih boleh tuh berfoto sepuasnya tapi di dalam museum kamera harus dimasukkan loker alias gak boleh foto-foto selama di dalam museum.

Museum ini kecil, berisi koleksi guci, pernak-pernik raja, tempat duduk/singgasana raja dan tamu kenegaraan, mahkota, pedang, dsb. Keluar dari museum, dibelakangnya ada garasi tua tempat naruh mobil-mobil raja tapi lagi-lagi gak boleh di foto. Disamping depan museum ada temple juga entah apa namanya. Ya hanya itu saja sih isi museumnya tapi krucils antusias serta riang gembira selama disini. Gak sadar kalau kami sedang terlunta-lunta di negeri orang…hehe, memang krucils juara deh urusan berpetualang.

Di akhir kunjungan ke museum, kami duduk-duduk di taman museum yang rindang sambil nunjukin ke krucils tuh liat bule-bule tuh masih muda-muda banget dengan ransel segede gaban berani berkelana sendirian kemana-mana, nanti kalian juga yah…lihatlah dunia seluas mungkin, jelajahi semuanya, jangan takut nyasar, atau takut gak bisa bahasanya, atau kapok berpetualang hanya karena masalah sepele seperti yang kita alami saat ini, gak punya kamar. Krucils pun manggut-manggut…entah ngerti, entah enggak, atau hanya ngantuk …hehehe😀


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: