Unik, Lucu dan Menggelitik di Ho Chi Minh

17 04 2014


Ini adalah beberapa cerita yang unik, lucu, menggelitik dan paling berkesan tentang suka duka selama petualangan kami di Ho Chi Minh City, Vietnam.

Dimarahin Petugas Imigrasi

Setelah turun dari pesawat, kami yang udik dan ndeso ini pun pengen narsis-narsis ceritanya di bandara. Kan pengen juga tuh punya foto di bandara, tanda bukti krucils sudah menjejakkan langkah ke negara ini. Kemudian kamipun melangkah ke imigrasi. Untungnya sulung saya yang nenteng-nenteng kamera dileher tidak berminat foto-foto disini, saya yang sedang megang tablet yang cover pembungkusnya sudah compang camping jadi malah penampakannya mirip buku sehingga sempat ngambil foto menggunakan tablet. Tapi si ayah sedang sial, saat mengambil foto menggunakan smartphone…eh keliatan cahaya blitznya. Dan petugas imigrasi yang tampangnya sudah cool pun langsung membentak ayah…hey you sir, no picture. Dan semua yang sedang antri di imigrasi pun langsung ngeliatin kami…wahaha, kesian deh dimarahin. The moral of story, jangan narsis kalau di depan petugas hehe…

Awas Barang Bawaan!

Entah kenapa, beberapa orang yang bertemu kami mengingatkan kami…please watch out your stuff, jangan liatin kamera, jangan perlihatkan uang atau dompet, jangan keliatan Hp, many bad people..gitu katanya. Ketika sedang di bis 152 dari bandara, kami yang gak ngerti bahasa pak supir bis kebingungan mau bayar berapa tiket bisnya. Rupanya harga tiketnya 5000 Dong, sedang kami baru menukar uang di money changer bandara. Dan dikasihnya pecahan besar semua, jadi begitu supir nyebut angka…kami yang kebingungan pun memperlihatkan uang 100rb Dong kami. Untungnya ada ibu-ibu yang dibelakang saya ngasih tahu dan kami jadi nunggu ada kembalian dulu baru bayar tiket hahaha. Nah karena ngeliat kami yang oon saat berkomunikasi dengan supir bis itu, malah nunjukin uang kami…si ibu itu pun memperingatkan kami seperti itu.

Sorenya, saat mau keluar hotel…melihat kami nenteng kamera dan memegang tablet…security hotel memperingatkan hal yang sama lagi pada kami. Selain itu dibuku-buku traveler pun kami membaca peringatan serupa. Dimanapun kita berada memang sebaiknya kita selalu waspada.

Banyak Taman

Satu yang saya suka dari Ho Chi Minh City adalah banyak taman. Hampir di semua tempat ada tamannya…pedestriannya juga luas. Jadi ya enak banget untuk jalan kaki, teduh…hijau royo-royo…. krucils juga bisa bermain di taman. Sore hari taman dipenuhi warga, kebanyakan anak-anak muda yang bermain seperti bola takraw bedanya bolanya bukan bola takraw tapi malah seperti bola bulu tangkis ada bulu ayamnya. Mereka bergantian menendang-nendang bola melambungkannya diudara yang kemudian disambut temannya dengan kaki pula. Selain itu semakin sore semakin banyak penjual makanan kaki lima….seruuu liatnya, makanannya unik-unik tapi kami gak berani cobanya karena gak tahu halal atau tidaknya.

Hidup Backpacker !

Biasanya kalau sedang berkelana kami ala backpacker, jalan kaki kemana-mana atau kalau tempatnya jauh yang naik kendaraan umum seperti bis yang murah meriah. Taxi tidak termasuk hitungan kami sebagai backpacker, namanya juga nyari yang irit. Tapi di Ho Chi Minh, nilai mata uang Dong 1/2 dari Rupiah. Saat kami menukar uang di bandara, mereka tidak mau nukar sedikit…akhirnya terpaksalah kami nukar 100 Dollar yang setara dengan 2,1 Juta Dong. Itu sudah kelas bandara, mungkin bisa lebih banyak lagi kalau nukar uangnya di kawasan turis. Beuh berasa kaya mendadak….wahahaha….

Naik taxi juga jatuhnya paling mahal 50rb Dong…atau setara 25rb Rupiah. Ngabisin Dong jadi bingung, gak dihabisin sayang juga sudah terlanjur nukar… jadilah kemana-mana naik taxi (andalan kami Vinasun taxi yang menggunakan argo) serta makan di cafe terus …belagu banget deh haha..hidup backpacker!😀


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: