Memberi Makan Rusa di Penangkaran Rusa

27 12 2013


Berkelana bersama dengan anggota team komplit memang menyenangkan, terlebih sudah lama sekali kami tidak berkelana jauh seperti ini lagi…kangen juga, sampai ayah berucap “kangen pengen berkelana seperti dulu lagi waktu ke Bali” (waktu itu kami menyetir sendiri kendaraan sewaan dari Surabaya ke Bali). Memang berkelana jauh menyetir sendiri rasanya lebih menyenangkan bagi kami dibanding kemana-mana naik pesawat. Naik kendaraan yang di supiri sendiri jadi jauh lebih bebas, hendak berhenti dimana dan kapanpun diinginkan terserah. Ngeliat sesuatu yang baru, bisa berhenti untuk memperhatikannya…tidur di kendaraan, makan dipinggir jalan, bercerita ini itu, wah pokoknya lebih seru aja….bagi kami loh.

Setelah krucils puas bermain-main di tepian Sungai Kandilo dan kami tidak menemukan Museum Sandurangas, akhirnya kami memutuskan berjalan pulang. Sepanjang jalan banyak yang bisa dilihat. Nemu tulisan Doyam Seriam yang menurut jelajah dunia maya adalah air terjun terindah di Paser, sempat mencoba menjajal…tapi ternyata jalannya “ya begitulah”…harus pakai si bu’ung kayaknya kalau mau kesini. Akhirnya diputuskan nanti aja kapan-kapan kembali kesini menggunakan bu’ung, jeep kesayangan ayah.

Berhenti makan di Simpang Pait, nyari-nyari sate payau (rusa) yang konon ada disini eh malah nemu sate ayam…ya sudahlah, bungkusin sate ayam untuk bekal krucils di jalan. Sedang kami makan ikan bakar patin yang maknyus sayangnya sambalnya kurang nendang aja ( main bola kali pake nendang hehe ).

Memasuki Waru, mulai terlihat deretan penjual sawo disepanjang jalan. Sempat mikir-mikir beli enggak ya? Karena penggemar sawo hanya bunda, jadi males juga belinya. Dan akhirnya terlihatlah penangkaran rusanya…yippie… si bungsu sampai bela-belain gak tidur demi kesini, padahal matanya sudah mulai berat tuh.

Beberapa tahun lalu kami pernah kesini, dulu ada patung rusa di depannya persis dipinggir jalan, di jalan masuk penangkaran rusa ini. Namun sekarang patungnya sudah tidak nampak lagi. Terusss masuk, kemudian bertemu gerbang pos security. Sama security disuruh langsung masuk aja, dalam hati sudah girang banget…yippie gak perlu bayar lagi, gratis lagi….sebagai backpacker demen banget nih tempat gratisan seperti ini….hehe😀 (eh ternyata girangnya sebentar aja karena pas pulang, ditagih bayar 10 ribu untuk ongkos parkir katanya).

Parkir, jalan sedikit menuju tempat penangkaran rusanya. Si ayah sudah mulai sibuk nyabut-nyabut rumput sepanjang jalan, tahu nantinya krucils bakal heboh memberi makan rusa, dari awal sudah mempersiapkan bawa rumput hahaha. Di tempat penangkaran rusa tampak beberapa orang, lumayan banyak pengunjung juga nih hari ini, dulu waktu pertama kali kesini hanya kami berempat aja yang ada jadi serasa punya ranch pribadi hehe.

Disini krucils heboh banget, bungsu sibuk memberi makan rusa…sampai nungging-nungging segala karena kejauhan rusanya. Sementara itu sulung asik dengan kameranya, pinternya dia umpan rusanya dengan rumput begitu rusanya mendekat…jepret, difoto. Alhasil diantara kamera-kamera yang dibawa, hanya kamera miliknya yang hasil foto rusanya keren banget hehe…

Bungsu betah banget disini, gak mau beranjak sedikitpun dari situ. Sesekali teriak ke ayahnya minta cariin rumput lagi kalau rumput ditangannya sudah habis dimakan rusa. Walau sulung juga betah, tapi karena sudah terlanjur janjian dengan teman-temannya mau sholat di mesjid, sekitar jam 3-an mulai ngajak adeknya pulang. “Tenang aja bang, dari sini ke ferry tuh hanya setengah jam”, kata ayah.

Setelah satu jam lebih disini dan pengunjung pun mulai tambah ramai, kami pun memutuskan untuk pulang. Kali ini lancar jaya, gak ada antrian sama sekali di Penajam. Sampai, bayar tiket, langsung disuruh masuk ferry. Nunggu kapal penuh sebentar, ferry pun jalan. Sejam kemudian sudah sampai di Kariangau, nah disini lumayan lama nunggu kapal bersandar karena tempat bersandarnya cuma ada satu, jadi kapal-kapal harus menunggu giliran dulu untuk bersandar. Wrap up…penjelajahan pun berakhir menyenangkan😀


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: