Petualangan di Penghujung Tahun

26 12 2013


Tahu bahwa anak istrinya suka berkelana ditambah akhir tahun ini krucils bakal libur sekolah yang lumayan panjang, ayah sejak sebulan lalu menyuruh kami liburan …ke Bandung kek, ke Jogja kek, ke Bali, Derawan…terserah. Sana pergi liburan kalian katanya tiap kali telpon dari seberang lautan. Tapi tiap kali pula ditolak si bunda, maklum walau petualang tapi si bunda kan penakut sebenarnya. Melihat cuaca akhir-akhir ini ngeri aja kalau membayangkan harus terbang ditengah cuaca seperti itu, selain itu apa enaknya berkelana kalau pada akhirnya hanya mendekam dihotel karena hujan🙂 Walau krucils sudah gatal pengen berkelana, ngajak “jalan yuk bunda” tapi bunda putuskan liburan akhir tahun ini kita dirumah aja.

Setelah hampir sebulan di Natuna, tepat di hari ultahnya jam 1 subuh akhirnya ayah pulang. Krucils yang sudah bela-belain begadang untuk bikin kejutan untuk ayah tapi akhirnya ketiduran juga dan malah terkejut sendiri karena pas bangun yang mau dikasih kejutan ternyata sudah ngorok sambil meluk mereka hehe. Esok paginya setelah menghilang bersama krucils, yang pamitnya sih ke bengkel, eh pulang-pulang jam 11 siang …ayah menyuruh bunda bersiap-siap. “Let’s get lost”, katanya.

Rupanya ayah kasian sama anak istrinya, kelamaan ngetem di rumah…jadi begitu pulang langsung ngajak berkelana. Kemana kita yah? “Kemana aja, yang penting anak-anak senang”…kalau krucils sih diajak berkelana kemanapun senang-senang aja hehe.

Setelah sholat dzuhur, kendaraan pun diarahkan ke pelabuhan ferry Kariangau. Begitu sampai pelabuhan…wuidih, antriannya panjang. Beberapa kendaraan malah mulai memutar arah. Kalau kami sih tetap sabar menanti, namanya juga mau berkelana…ya harus sabar, kalau gak sabaran ya gak jadi berkelana dong…hehe. Untung punya bocah yang berjiwa petualang, nunggu lama pun gak rewel (mereka main, ngambil foto ala fotographer pro, makan di dalam mobil, baring-baring, memperhatikan proses bongkar muat ferry), banyak hal yang menarik perhatian mereka. 3 jam ngantri, gak maju-maju….ketika akhirnya maju beli tiket nunggu di parkiran. Baru menjelang maghrib kami akhirnya bisa masuk ferry dan maghrib akhirnya touchdown di Penajam…yippie…

Di Lawe-Lawe istirahat sholat dulu, lanjut jalan lagi. Di daerah pasar Penajam berhenti lagi untuk makan dan menambah perbekalan yang mulai menipis karena sudah dihabiskan selama menunggu giliran menyeberang. Penajam, Waru, Babulu, terlalui. Ketika memasuki Long Ikis laju kendaraan mulai terhambat, jalan mulai rusak parah. Kemudian Long Kali, hingga akhirnya sampai juga di simpang Kuaro. Kalau sudah sampai simpang Kuaro artinya sudah dekat dengan tujuan karena hari sudah hampir tengah malam, tujuan utama yaitu mencari hotel di Tanah Grogot, Ibukota Kabupaten Paser.

Dari simpang Kuaro hanya sekitar 30 km ke Tanah Grogot. Sekitar 5 km sebelum memasuki Tanah Grogot, kami pun langsung berdecak kagum karena disambut dengan telaga luas yang bermandikan cahaya lampu. Namanya Telaga Ungu dan karena kami sampai daerah ini menjelang tengah malam, melihatnya bermandikan cahaya dikegelapan jadi indah banget. Sayang krucils sudah terlelap disini setelah sepanjang jalan sibuk ngoceh, mau berhenti untuk mengabadikannya di kamera juga jadi susah karena kaki bunda dijadikan bantal oleh krucils.

Sampai di Tanah Grogot langsung mengarahkan kendaraan ke hotel yang beberapa tahun lalu pernah kami inapi, check in…masing-masing menggendong krucils…beraaattt. Gak kerasa krucils sudah besar sekarang, dulu sih masih sanggup gendong kemana-mana, sekarang gendong ke lift aja setengah mati hehe. Masuk kamar…tidur. Ah lelah, istirahat dulu setelah perjalanan panjang. Walau lelah tapi senang melihat krucils menikmati perjalanan, bergembira melihat hal-hal baru. Besok pengelanaan masih berlanjut…


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: