Tarsius, Monyet Terkecil di Dunia

17 10 2013

20131017-031709.jpg

Setelah melihat pemakaman kuno Waruga di Airmadidi, supir pun mengarahkan kendaraan menuju Bitung. Kata pak supir sih kalau dari Manado ke arah Tomohon bertolak belakang dengan jalan menuju Bitung. Tapi berhubung kami tadi ke Tomohon dulu, lalu lanjut Tandano, Airmadidi, dan akhirnya ke Bitung artinya kami mengelilingi danau dan gunung agar bisa terus satu jalur tidak harus kembali ke Manado dulu. “Kita ini sudah melalui 5 kota dan kabupaten loh bu”, jelasnya. Kayaknya baru kali ini dia menemukan pelanggan yang ngider-ngider mulu ke berbagai tempat wisata yang tidak umum…hahaha..

Kali ini tujuan kami adalah Tandurusa di Bitung. Memangnya ada apa sih di Tandurusa ini? Disitu ada semacam mini zoo, kebun binatang kecil-kecilan (dan memang kecil), koleksi pribadi yang berisi hewan-hewan khas daerah ini, salah satunya Tarsius. Yang pasti saya hanya ingin mengajak krucils saya melihat hewan langka khas daerah ini, yaitu Tarsius monyet terkecil di dunia.

Sebenarnya menurut saya yang bagus itu sih ke Tangkoko (hutan konservasi tempat Tarsius ini berada) tapi kalau bertigaan aja mikir-mikir dulu deh masuk hutan hanya bersama anak. Pertama, hutan gitu loh…pasti banyak serangga terutama nyamuk sih sedangkan perlengkapan perang yang saya bawa hanya standard, jaket, topi, minyak, cemilan dan minuman saja. Kami juga saltum (salah kostum) kalau harus masuk hutan dengan pakaian yang saat itu kami kenakan😀 Kalau ada ayah pasti perlengkapan perang masuk hutan sudah dipersiapkan matang dan lebih lengkap dengan berbagai macam asesoris salah satunya yang penting untuk krucil adalah lotion anti nyamuk dsb…jadi kalau mau masuk hutan mending sama ayah deh…hehe. Kedua, pengawasan saya pada keselamatan krucils tidak akan maksimal jika hanya saya seorang diri, kecuali ada ayah yang bisa bagi-bagi tugas, satu dewasa menjaga satu anak…lebih maksimal.

Itu sebabnya saya lebih memilih ke Tandurusa dibanding ke Tangkoko, walau sebenarnya sama-sama berada di Bitung. Sesampainya di Tandurusa, supir kami menyuruh orang dari Tandurusa agar memandu kami selama disana, biaya masuk dan guide 50rb. Sulung saya yang sedang terlelap langsung bangun begitu mendengar kebun binatang hehe, sedang bungsu saya lebih memilih meneruskan tidurnya dalam mobil.

Dipandu oleh pemandu ini menguntungkan juga, selain dijelaskan (walau tidak maksimal karena pemandunya masih remaja) tentang hewan-hewan yang kami temui, kami juga diperkenankan masuk ke dalam kandang Tarsius sehingga kami bisa melihat dari dekat Tarsius ini. Melihat dari dekat Tarsius rasanya menakjubkan, antara percaya dan tidak…OMG, selama ini hanya liat di majalah atau tv, sekarang ada di depan mata.

Tarsius ini ukurannya mungil banget, hanya segenggaman orang dewasa, matanya besar seperti mata burung hantu, wajahnya terlalu mungil dibanding ukuran matanya. Lucu banget seperti boneka hehe. Setelah puas dengan Tarsius kami pun melihat koleksi hewan lain yang juga khas dari sini seperti monyet pantat merah (Macaca Nigra), Ular Kobra merah penyembur dan Kukang. Sisanya saya hanya menemanin sulung saya yang memang suka melihat berbagai hewan.

Kembali ke mobil ternyata bungsu saya sudah bangun, akhirnya kami berkeliling Tandurusa sekali lagi (kali ini tanpa ditemani pemandu yang sibuk dengan rombongan besar yang baru datang) dan terutama menunjukkan Tarsius pada si kecil saya yang antusias sekali melihat monyet yang lebih mirip boneka ini hehe. Juga dia pengen melihat monyet yang merebut iPad bunda (dengar dari cerita abangnya, memang saya terlalu dekat mengambil foto menggunakan tablet sehingga sempat direbut Macaca Nigra…hehe). Setelah krucils puas, kami pun memutuskan sudah cukup pengelanaan kami hari itu…saatnya istirahat di hotel…benar-benar lelah mengelilingi 5 kota dan kabupaten seperti kata pak supir hehe…


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: