Pemakaman Kuno Waruga di Airmadidi

17 10 2013


Menyusuri danau Tandano, melalui Kampung Jawa yang merupakan keturunan-keturunan kyai Modjo, yang menurut cerita supir kami adalah panglima perang yang dibuang ke daerah ini oleh Belanda, perjalanan kami akhirnya sampai di kecamatan Airmadidi di Minahasa Utara.

Tujuan pengelanaan kali ini adalah Waruga, komplek pemakaman kuno yang merupakan peninggalan prasejarah berupa makam-makam yang terbuat dari batu. Waruga ini sendiri letaknya diantara pemukiman penduduk dan tampak terlantar dan tidak terawat.

Dulunya makam-makam batu ini ditemukan tersebar dibeberapa tempat, kata supir kami. Kemudian makam batu tersebut disatukan di satu tempat, ya di Waruga Airmadidi ini. Bentuk makamnya seperti miniatur rumah dari batu, terdiri dua lempengan batu yaitu satu batu berbentuk persegi panjang yang tengahnya sudah dilubangi untuk tempat meletakkan mayat, satu lagi batu berbentuk segitiga sebagai penutup diatasnya. Dan di batu berbentuk segitiga inilah terdapat beberapa ukiran yang saya sendiri tidak mengerti maksudnya.

Saya hanya berdua dengan sulung saya disini, ditemani pak supir yang sedikit memberi penjelasan tentang Waruga ini kepada kami. Sementara bungsu saya takut sehingga menunggu di mobil, walau juga tampak takut tapi sulung saya tidak dapat membendung keingintahuannya tentang Waruga sehingga memutuskan ikut bunda turun mengitari komplek pemakaman prasejarah yang tampak sepi dan sunyi ini. Ketika kami akhirnya selesai, sulung saya kemudian bercerita dengan semangat ke adeknya yang menanti di mobil dan ke ayahnya ketika dua hari kemudian menyusul kami ke Manado, tentang bagaimana bentuk makam ini, tentang arti ukiran-ukiran yang berbentuk cerita di dinding jalan menuju makam😀


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: