Ngelayap di Satwataru Jurug, Solo

28 06 2013


Pagi-pagi bener di hari keenam kami sudah bersiap-siap, sarapan dulu dong di hotel sebagai sumber tenaga sebelum petualangan edisi Solo dimulai. Selama sarapan saya pun buka-buka mbah google, dari hasil jelajah mbah google akhirnya kami tahu kalau di Solo ada kereta wisata bernama Sepur Kluthuk yang relnya terlihat nyembul tengah jalan raya ditengah kota depan hotel kami. Oalah, kirain itu rel sisa-sisa kereta jaman penjajahan ternyata rel kereta tua yang dijadikan kereta wisata. Konon kabarnya karcis kereta ini 100rb/orang yang bisa didapat di Dishub..baiklah krucils, buruan makan…misi kita selanjutnya hunting tiket di Dishub.

Sebelum jalan tanya dulu dong sama resepsionis, dimana tuh dishub untuk mendapatkan tiket sepur kluthuk tersebut? Jawaban yang kami terima agak mengecewakan, katanya sih dulu ada memang sepur kluthuk ini namun karena harga tiketnya yang ehmmm…you knowlah, mahal dan tidak terjangkau…jadi sepur ini sudah sangat jarang beroperasi. Kayaknya merugi deh…

Baiklah gpp gagal naik sepur, sekarang tanya-tanya tentang keraton, taman sriwedari, benteng vastenburg dan tempat-tempat wisata lainnya yang diliat dipeta agoda sih letaknya gak jauh dari hotel. Ternyata letaknya jauh…bisa naik becak atau taxi dari sini bu, saran mereka. Namun bukan backpacker dong namanya kalau kemana-mana naik taxi…mahal, berat diongkos…hehehe🙂

Jadilah begitu kami melihat halte bis dan menemukan bis bertuliskan Trans Batik Solo, kami pun naik. Biasanya sih rute Bis Trans gak rumit, ongkosnya murah (rp 3500 dewasa, 2rb anak-anak) dan yang penting bagi krucils pakai ac lagi hehe. Jadilah kami ber Trans Solo ke Satwataru Jurug, turunnya bilang aja ke kondektur “Jurug”, dijamin ngerti deh dan berhenti tepat di pintu Satwataru Jurug ini.

Harga tiket masuk 8rb/orang. Di dalam ternyata masih sepi, penjual-penjual makanan aja baru bersiap-siap membuka warungnya. Jalan di dalam agak membingungkan juga, kok kayaknya koleksi binatangnya sedikit. Setelah ditelusuri ternyata letak kandang-kandang binatangnya jauh masuk ke dalam…harus memutari sebuah danau dulu baru deh keliatan koleksi satwanya. Keburu capek duluan, akhirnya si bunda ngajak krucils kembali aja deh…capek muternya hehe…

Dan petualangan di Satwataru Jurug diakhiri dengan duduk-duduk di halte bis Trans Solo sambil ngobrol-ngobrol sama bapak-bapak Dishub. Ternyata informasi yang kami dapat dari bapak-bapak tersebut, Sepur Kluthuk sekarang hanya beroperasi untuk disewakan alias dirental seharga 5juta dengan kapasitas tempat duduk 40. Wuihh…kalau harus rental seharga 5 juta…kayaknya mendingan kita beli tiket pesawat pp kemana gitu…hehe..

Kemudian bapak-bapak tersebut menyarankan kami naik bis tingkat aja yang namanya susah banget disebut itu (Werkudara) katanya sih kalau hari-hari biasa disewakan juga tapi untuk sabtu-minggu bisa untuk umum dengan harga tiket 20rb, rutenya keliling semua tempat wisata di Solo. Pengen sih, sayangnya minggu jadwal kami berkelana lagi..terpaksa di skip dulu deh. Yang penting hari ini krucils sudah ngabsen di Satwataru Jurug…hehe..


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: