Bergembira di Gembira Loka Zoo

27 06 2013


Setelah makan siang yang serba jamur-jamuran, perut kenyang, langkah ringan, jalan jauh pun hayo aja nih. Di perjalanan menuju Jogja, saya baru ngeh…astagfirullah, hari itu baru tanggal 19! OMG…saat sudah lelah gini baru nyadar tanggalan, inilah akibatnya kalau gak suka periksa-periksa kalendar seperti saya. Kenapa saya panik hanya karena tanggalan? Karena rencananya setelah check out dari hotel pertama kami di Malioboro, siang itu (setelah jalan-jalan ke Borobudur dan Zoo) saya berencana check in di hotel kedua yang masih dikawasan Malioboro juga yang malam sebelumnya sudah saya beli via internet seperti biasa.

Dan saya baru ngeh, saya beli untuk tanggal 20, sedangkan hari itu baru tanggal 19…lalu setelah pulang jalan-jalan, kami mau nginap dimana dong kalau gitu? Salah pesan hari… hiks…TT..Panik, saya telp si ayah. Untung ada ayah…tolong beliin ya yah, bunda sedang dijalan, gak bisa beli-beli nih kalau go show keburu capek..kasian krucils. Dan tadaaa…gak berapa lama sudah dapat jawaban ok dan dapat email konfimasi hotel, yippie…tengkyu ayah…

Sekarang bisa bernafas lega deh. Begitu mobil parkir di Gembira Loka, saya pun jadi bisa menikmati…pikiran gak kepecah lagi sama urusan penginapan…hehe. Tarif masuk Gembira Loka 15rb/orang, isinya penuh banget dengan manusia. Wuih, kayaknya semua tempat wisata diserbu orang deh musim liburan sekolah seperti sekarang…inipun konon katanya anak sekolah di Jogja belum libur, gimana kalau sudah liburan ya? Pasti ramai banget tuh sudah mirip sarden, kejepit kanan kiri depan belakang hehe…

Lagi-lagi, stamina saya kalah dengan duo krucils saya, si petualang cilik. Sehingga begitu tidak jauh dari pintu masuk saya melihat kereta mini lagi, saya pun dengan pedenya memesan kereta ini. Giliran mau bayar, ditagih 60rb dengan rincian perorang 20rb. Alamak jang, kok mahal banget…kirain 7500an aja perorang seperti di Borobudur atau Prambanan. Bedanya disini gak perlu nunggu-nunggu orang, kereta langsung berangkat. Di tiap halte kita bisa berhenti dulu untuk naik kereta selanjutnya menuju halte selanjutnya. Kalau mau lebih murah sih 5rb, tapi hanya berlaku sekali perjalanan. Nah kalau kami memilih yang sepuasnya, mau naik turun kereta sampai kebun binatangnya tutup juga gak masalah plus dapat tiket naik kapal (kapal yang mengelilingi danau buatan yang terdapat dalam zoo) gratis.

Dan saya benar-benar bersyukur dengan keputusan saya untuk membeli tiket kereta mini ini, kalau jalan mungkin saya KO duluan. Laa ngider-ngider seputaran halte pertama saja pinggang dan pundak rasanya mau copot, lokasinya yang berbukit-bukit menyebabkan mau gak mau kita harus naik turun belum ditambah krucils yang bolak balik ngajak bundanya ngeliat ini itu…”kita liat kangguru yuk bunda”, terus “liat kuda nil”…”disebelah sana ada kura-kura bunda, abang mau liat”, sambil nyeret-nyeret bundanya yang nyeret kaki aja sudah mulai lemah…hehe..

Tidak jauh dari halte pertama ini ada atraksi naik gajah, pengunjung diperbolehkan keliling dengan menunggang gajah. Tarifnya dong yang bikin saya kejang-kejang, murah meriah banget 10 rb/orang…coba bandingkan dengan saat kami ke Bali Safari (tahun 2009-an) yang dipatok 200rb/orang untuk menaiki gajah. Memang sih trek yang dilalui lebih pendek tapi dengan harga segitu kan lumayan banget tuh bisa ngerasain naik gajah secara live..hehe. Langsung aja gak mau rugi, tanya krucils…mau? tentu saja bukan petualang cilik namanya kalau takut…oke…kalian naik sana, bunda foto-foto dari sini ya…hehe…

Banyak yang ngira saya terlalu nge-push krucils untuk jalan kesana-kemari, andai mereka liat sendiri gimana stamina dan antusiasnya krucils selama petualangan kami, baru deh pada sadar ternyata saya yang malah sebenarnya KO dibanding krucils…belum tahu krucils saya sih, si petualang cilik..hehe. Jadilah saya bahan tertawaan si ayah…”yee si bunda, masa kalah sama anak” hehe… laaa iyalah kalah, si bunda kan sudah cukup berumur yah…hehe ;p

Akhirnya karena sudah lelah banget, begitu memasuki halte berikutnya, walau dipaksa turun sama krucils…si bunda malas turun, nanti lagi aja deh…kan keliatan juga tuh dari kereta. “Kalau dari kereta ngeliatnya cuma sepintas bunda, abang pengen liat yang jelas…kalau bunda gak mau turun, besok kita kesini lagi ya”, mulai ngerengek. Akhirnya di halte ketiga, mau gak mau turun juga…daripada tiap hari melototin binatang tok…hehe..

Tidak jauh dari halte ketiga ini ada pertunjukan satwa…ya mirip-mirip pertunjukan satwa dimana-mana sih, ada beruang madu yang joget-joget dangdut, burung-burung, dan sebagainya..sama aja sih dengan pertunjukan satwa tempat lain, cuma mungkin karena pembawa acaranya lucu jadi krucils ketawa terus disini. Setelah itu naik kereta lagi ke halte terakhir tapi karena krucils bilang, kita putar sekali lagi ya bunda…jadi kami ya muter lagi sekali…hadeuh, untung aja beli tiket kereta tadi. Sesuai namanya Gembira Loka Zoo, krucils benar-benar bergembira disini.


Actions

Information

Leave a Reply

