Belajar Astronomi di Planetarium Taman Pintar

27 06 2013

20130628-064212.jpg

Hari keempat di Jogja sebenarnya sebuah kesalahan akibat salah liat kalendar. Harusnya hari keempat kami sudah ngacir ke kota selanjutnya nih tapi karena terlanjur beli hotel untuk hari keempat, jadi ya sudah…tetap di Jogja dulu aja hitung-hitung istirahat.

Berhubung semua tujuan sudah di absen, rencana saya hari itu santai-santai di hotel atau gak jalan-jalan santai aja. Eh ternyata bukan krucils namanya kalau betah ngedon dikamar tok…akhirnya setelah berembuk dengan krucils, kami memutuskan ke Planetarium yang gagal diabsen saat ke Taman Pintar karena jam bukanya yang siang. Sembari nunggu Planetarium buka jam 13.30 nanti, kami pun rencananya jalan-jalan santai aja cariin ayah baju kaos. Ngider-ngider, beli baju kaos…liat dress batik lucu untuk si adek, sekalian beli juga, kebetulan stok baju bersih krucils menipis nih. Abang mau dibeliin baju nolak, katanya abang gak mau baju…beliin bros aja. Nah, disinilah masalah mulai timbul…

Bolak-balik Malioboro nyari bros warna-warni seperti yang dibelinya di Prambanan…susaaah. Tanya penjual souvenir dan pernak-pernik, katanya sekarang sudah jarang tuh yang jualan bros yang terbuat dari tali warna-warni seperti itu. Walah, gimana dong? Kenapa gak sekalian beli banyak aja sih waktu di Prambanan, harganya juga seribu perak…disuruh beli banyak malah beli cuma dua biji…sekarang sudah jauh, malah minta beliin..hadeuh sampai sakit pinggang si bunda bolak balik sepanjang jalan Malioboro sampai pasar Beringharjo pun dijabani.

Akhirnya bunda yang mulai sakit kaki, pinggang dan pundak mulai gak sabar… “sekarang kita ke kantor pos dulu kirim baju-baju kaos ini…capek bunda ngangkut kaos-kaos dalam ransel. Setelah kita paketin, baru kita cari lagi”. Eeehhh, saat jalan didepan benteng Vredeburg nemu pedagang kaki lima yang jual bros ini…halah dalah, sudah keliling ternyata nemu disini. Harga di Malioboro lumayan juga dibanding di Prambanan..2-3x lipatnya. Ada yang jual 10rb/4, ada juga 10rb/3…nah loh kan, sudah bikin capek bunda…harganya juga lebih mahal…yo weslah daripada nanti ada yang kemimpi-mimpi…hehe..

Setelah beres urusan bros dan paket-paketan, waktunya istirahat…benar-benar lelah nih ngider Malioboro demi bros. Seakan belum cukup lelah, sulung yang dipercayakan di depan sebagai penunjuk jalan rupanya masih belum senang dapat bros dikit…eh salah jalan lagi…terus lempeng jalan sampai stasiun tugu. Bunda yang memang gak perhatiin jalan tapi perhatiin sulung yang jalan didepan baru ngeh setelah melihat stasiun…”bentar bang, kita gak salah jalankah?”. Abang :”enggak bunda, jalan Dagen tuh di dep…(baru dia liat stasiun didepan)…eh kok sudah di stasiun ya?”. Bunda :”ya, iyalah sudah stasiun, hotel kita kelewat..”. Adek : “kenapa sih bunda? kenapa bang?”…

Yaaa karena si bunda sibuk perhatiin abang yang didepan, adek sibuk dengan susu coklat ditangan bunda (yang tadi dibeli sambil nongkrong sejenak di Dunkin karena kelelahan bolak balik Malioboro), dan abang sibuk dengan pikirannya yang masih pengen nyari-nyari bros…akhirnya ya begini ini…kelewat sampai ujung yang lumayan nambah pegel juga..haha. Akhirnya putar arah, balik badan grak. Untung tidak jauh dari situ nemu KFC…makan dulu yuks sekarang, sekalian bunda lemesin otot kaki nih..

Setelah makan, balik hotel, sementara bunda istirahat…krucils main heboh-hebohan seperti biasa dalam kamar, kejar-kejaran, lari-larian…hadeuh, kalian ini kok gak ada capeknya. Menjelang jam 14.00 krucils mendesak…hayo bunda sudah saatnya ke Planetarium. Kami pintas jalan, masuk melalui benteng Vredeburg lagi…bayar tiket masuk lagi, yang mungkin karena hapal sama krucils yang memang agak berbeda dengan anak lain (yang hasil nguping pembicaraan beberapa orang dalam bahasa jawa katanya anaknya mirip “wong londo”)…dapat diskon…lumayan hehe..

Tiket masuk Planetarium 15rb/orang. Ketika kami beli tiket kata petugas tiket yang jam 13.30 sudah tutup…tunggu yang 14.30 ya. Yah ternyata harus nunggu lagi, yo weslah sembari nunggu kita makan-makan lagi di foodcourtnya anak-anak..yang langsung diprotes krucils, kok makan lagi, tadi kan sudah. Ya harus banyak makan biar kita gak sakit. Makan, minum, beli ice cream…ngider-ngider lagi di Taman Pintar yang ternyata sedang ada pameran hari itu. Disalah satu stand, adek minta difoto sama kuda pajangan yang terbuat dari semacam rotan. Selesai difoto, sama mbak-mbak penjaga stand yang gemes liat krucils, krucils dikasih pulpen…duh senangnya.

Menjelang jam 14.30 kami merapat ke Planetarium…masih sepi, cuma ada kami dan seorang ibu dengan ketiga anaknya. Saat dipersilahkan masuk, krucils heran…kok mirip bioskop tapi tempat duduknya diatur melingkar keliling sesuatu yang tampak mirip roket ditengah ruangan. Dan layarnya ada diatas mengelilingi atap yang berbentuk kubah, kursinya pun diatur posisinya agar mendongak ke atas.

Saya sedikit mengkhawatirkan bungsu saya, biasanya dia gak mau tuh diajak masuk bioskop karena gelap dan suaranya berisik. Nah ini mirip-mirip bioskop juga sih, gelap dan akan ada suaranya sehingga saya membisikkan, enggak apa-apa kan dek, gak serem kok ada abang sama bunda disini. “iya gak serem kok bunda, seru”, bisik si bungsu. Fuiih…bisa bernafas lega, soalnya kalau bungsu ketakutan didalam sini, dunia bisa gonjang ganjing…abangnya bisa marah jika gagal melihat pertunjukan astronomi.

Untunglah sampai selesai bungsu saya tidak takut malah senang, “bagus banget bunda…cuma adek agak-agak pusing gitu, planetnya berputar-putar”…hehe. Sementara walau juga tampak senang, sulung saya terlihat agak kurang puas..”abang kira neropong-neropong bintang gitu bunda”. Oohhh kalau abang mau teropong bintang, itu adanya di Bandung tepatnya di Lembang bang, namanya Bosscha…cuma harus ijin dulu kalau mau kesana, nanti kita kesana ya, bunda harus minta ijin dulu sebelum kita kesana.

Planetarium ini sendiri mirip dengan yang ada di Tenggarong, Kutai Kartanegara yang jarang beroperasi. Disini krucils belajar tentang terjadinya siang dan malam, perputaran planet, rasi-rasi bintang, meteor & meteorit, tumbukan antar benda angkasa sebagai asal muasal terbentuknya planet dan sebagainya. Seru, bagus, bermanfaat…recommend banget deh untuk anak-anak yang satu ini.

PS : foto diatas adalah foto Nebula Kepiting (Crab Nebula) yang diambil dari Wikipedia sebagai ilustrasi, soalnya karena gelap dan dilarang juga foto-foto jadi kami tidak punya foto dokumentasi selama di Planetarium.


Actions

Information

2 responses

8 01 2014
ulfa erinqava

wuiih,jadi nggak sabaran mau kesana🙂

8 01 2014
ulfa erinqava

wuiih,jadi nggak sabaran mau kesana🙂 renacana mau liat sekaten juga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: