Petualangan di Hutan Kalimantan (Taman Nasional Kutai, Sangkima)

13 04 2013


Petualangan di bulan April ini tidak pernah direncanakan, semua serba dadakan. Si ayah yang sudah sebulan lebih di Laut Jawa, setibanya di rumah tiba-tiba berkata…kita ngacir yuuukk. Mendapat tawaran begitu dari sang ayah setelah sebulan mendekam dirumah saja membuat duo krucil petualang saya langsung antusias..dengan membuka peta dunia kesayangannya, mereka mengajak kami untuk ke Tanah Grogot. Hadeuh..

Setelah diskusi yang cukup alot dimalam hari sebelum petualangan dimulai, akhirnya diputuskan kami ke Sangatta. “Petualangan apapun yang pernah dilakukan oleh abang, adek harus mengalaminya juga”, ucap si ayah. Nah, bungsu kami yang lahir dan bertumbuh kembang di kota yang jaraknya ratusan kilometer dari tempat abangnya bertumbuh belum sekalipun melihat bagaimana sih kota Sangatta itu, dan petualangan apa sih yang bisa dilakukan disana.

Setelah keputusan yang telah bulat, krucils dan ayah pun terlelap…tinggal si bunda nih yang ditugasi mempersiapkan bekal petualangan ; baju, susu, cemilan krucils, dsb. Esok subuh, setelah sholat subuh…krucils yang antusias langsung mandi dan bersiap-siap. Semua barang sudah masuk mobil…Bismillahirahmanirrahim, berangkaaat!

Balikpapan – Samarinda ditempuh dalam waktu 3 jam. Menyontek istilah perlombaan F1, krucils pun menyebut rumah kakek neneknya di Samarinda (pertengahan Balikpapan – Bontang) sebagai Pit Stop. Perhentian di Pit Stop kurang lebih 1 jam. Dilanjutkan Samarinda – Bontang 3 jam, Bontang – Taman Nasional Kutai (TNK) 1 jam. Lama? Iya memang. Capek ? Belum kerasa hehe😀

Biaya masuk TNK ini cukup murah meriah, kayaknya belum mengalami kenaikan sejak si sulung usia 1 tahun saat pertama kali berpetualang kesini, sampai sekarang punya bungsu yang berusia 4 tahun, masih tetap sama…
Rp 1500,- / orang. Kamera Rp 3000,- total 9 rb perak.

Lantas apa sih yang bisa diliat atau dilakukan di TNK sampai kami bela-belain menghabiskan waktu berjam-jam untuk kesini, penasarankan? Yah, sebenarnya ini hanya hutan biasa, seperti halnya Taman Nasional lainnya…ya hutan, yang diliat ya hutan…berbagai jenis tumbuhan dan hewan kalau beruntung. Dulu waktu kami mengajak sulung kami kesini pertama kalinya, kira-kira 6 tahun lampau…kami bertemu dengan kera eh monyet (apa ya bedanya?) serta ular dahan. Konon kabarnya di sini anda masih bisa melihat berbagai jenis monyet dan rusa (jika beruntung). Yah, kalaupun gak beruntung…kami merasa cukup puas dengan memberi pengertian pada krucils kami bahwa hutan adalah penopang kehidupan, jika hutan di rusak apalagi dibabat…akibatnya yang rugi ya manusia sendiri, contoh sederhana adalah banjir.

Dan yang ngebet banget paling pengen diperlihatkan pada krucils (khususnya si bungsu sih, kalau untuk sulung untuk merefresh ingatannya saja) oleh ayahnya adalah pohon ulin raksasa berada ditengah-tengah TNK ini, yang konon saking besarnya harus sepuluh orang dewasa yang saling berpegangan tangan untuk memeluk pohon ini. Kami sendiri sih belum pernah nyoba memeluknya, cukup dikagumi saja…andai semua pohon dibiarkan bertumbuh…ya segede inilah hasilnya. Wow keyen..

Begitu memasuki hutan yang treknya dibuat dari kayu ulin ini, si bungsu awalnya sering berucap “adek takut yah..”. Tapi takut karena belum terbiasa, tak kenal maka tak sayang..setelah beberapa lama, eh malah paling semangat..hehe. Panjang trek kurang lebih 1 km, turun naik yang lumayan juga nih membakar kalori. Sementara sulung kami antusias banget meperhatikan sekeliling..jepret sana, jepret sini. Mulai terlihat jika sulung kami ini pecinta alam🙂

Setelah puas jeprat jepret, liat ini itu, tanya ini itu…kami pun melangkahkan kaki kembali ke areal parkir. Kami memutuskan petualangan kami hanya sampai ulin besar walau trek sebenarnya masih panjang, masih banyak yang bisa dilalui. Masih ada jembatan sling (jembatan dari satu utas tali), rumah pohon, pemandian 7 putri, dsb. Tapi untuk anak seusia mereka cukup sampai situ dululah. Walau lelah, mereka happy…sekarang petualangan masih akan berlanjut, waktunya ngumpulin starfish…yippie…


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: