Istirahat Sejenak Kala Lelah Melanda

24 01 2013

20130125-020354.jpg

Penginapan atau hotel atau bahkan hostel seringnya hanya kami gunakan untuk tempat naruh tas, tempat mandi dan tempat beristirahat memulihkan tenaga kala malam saja…hehe. Biasanya ketika sedang berkelana, kami lebih sering berada di jalan daripada di dalam penginapan.

Nah sebagai pengelana dengan budget yang terbatas, kami mencari penginapan yang murah meriah tapi memiliki fasilitas yang memadai untuk krucils. Ini dia penginapan yang kami pilih selama pengelanaan kami ke Phuket – Hatyai – Penang

Patong, Phuket ==> DDC House

Kami pesan hotel ini di agoda beberapa hari sebelum berangkat dengan pertimbangan harganya masih terjangkau dan review pengunjung bagus. Kami awalnya memesan untuk satu malam saja. Baru kemudian terpikir oleh kami, capek amat ya kalau harus pindah-pindah hotel tiap hari…sudah deh, pesan satu malam lagi…hihi. Hari ketiga sengaja tidak kami beli karena saya dan si ayah masih mendiskusikan apakah hari ketiga tetap di Patong atau pindah ke Phuket Town, jadi kami pikir liat siatuasi disana aja deh…kalau memang masih betah di Patong ya tetap di DDC House kalau gak ya tinggal pindah.

Tempatnya sih kecil, resepsionisnya agak sempit kalau semua tamu masuk ke dalam secara bersamaan (seperti saat sarapan), tapi walau kecil bersih dan nyaman. Sedang kamarnya cukup luas, ada double bed, kulkas, TV, lemari, kamar mandi di dalam dan sofa yang cukup untuk kami untuk makan-makan kalau sedang malas makan diluar. Dan karena kami pesan kamar Superior with Balcony, jadi kamar kami ya ada balkonnya…lumayan bisa jemur-jemur dalaman krucil yang biasanya hanya 1 jam aja dijemur sudah kering.

Pemilik hotel bernama Mrs.Ploy, bisa berbahasa inggris dengan baik dan ramah (terutama sama si bungsu, gemes banget dia ngeliat si bungsu). Malam pertama kami bahkan dipinjamin motor untuk muter-muter melihat-lihat Patong malam hari. Oiya, di hotel ini ada wifi gratis loh…sehingga internetan bisa jalan terus tanpa khawatir tagihan membengkak hehe. Juga disediakan sarapan yang menunya lumayan komplit, tapi karena banyak tamu bule jadi ya kadang-kadang dalam menu tersedia babi, jadi bertanyalah dulu sebelum memakan…

Hotel ini terletak tidak jauh dari Jungceylon (mall) dan Banzaan (fresh market, yang kalau malam banyak banget pedagang makanan kaki lima didepannya) juga dekat dengan Patong Beach. Jadi ya memang gak susah-susah kemana-mana, mau cari makanan juga dekat… walau dalam hal ini kami naik motor terus keliling Patong hehe.

Secara keseluruhan hotel ini memuaskan sehingga hari ketiga kami pun jadi malas lagi pindah-pindah, dan untungnya walau penuh masih tersisa satu kamar kosong tapi kamar lain sehingga kami pindah kamar. Jika langsung beli disana jatuhnya malah lebih mahal dibanding beli di internet. Kenapa begitu? entahlah, mungkin karena perbedaan nilai tukar rupiah aja yang di Balikpapan memang lebih mahal dibanding kota lain. Saat kami beli langsung 1200 Bath kalau dikali Rp 350,- totalnya jadi 420rb. Bandingkan saat kami beli di internet yang hanya 399rb…ya memang bedanya dikit aja sih…tapi namanya juga emak-emak, beda 20rb juga rasanya sayang, bisa untuk beli PadThai tuh…hehe..

Hatyai ==> Tune Hotel

Tune Hotel ini saya pilih karena reviewnya bagus, konon menurut review ini hotel terbaik milik Tune di Asia. Harganya juga cukup terjangkau karena ketika saya pesan di sedang diskon, sehingga harganya sekitar 300rb saja (lupa lagi berapa tepatnya). Nah menurut review dari orang-orang yang pernah nginap di Tune sih, semua fasilitas tambahan selain kamar kena biaya lagi…seperti wifi yang kena charge per 2 jam, atau handuk dan sabun, pengering rambut,dsb.

Jadilah begitu memasuki kamar yang cukup modern ini, saya langsung mewanti-wanti krucils, jangan pakai pengering rambut…handuk dan sabun pakai satu aja, wifi jangan diaktifkan…haha…khas emak-emak. Eh ternyata semua kekhawatiran saya tidak terbukti. Kami pakai handuk, menghabiskan sabun dan shampo yang diberi serta menggunakan wifi yang password dikasih resepsionis gak kena charge tambahan tuh. Walaupun memang wifinya tiba-tiba hilang setelah dua jam berlalu, eh tapi nongol lagi tengah malam hehe…

Hotel ini letaknya ditengah kota, mau kemana-mana dekat tinggal jalan kaki. Ke stasiun kereta hanya 2 blok dari Hotel sehingga kami berjalan kaki saja ke stasiun. Tempat makan juga banyak diseputaran hotel. Yang seru adalah di lobby depan lift ada TV layar datar dan layar sentuh berukuran besar yang berkamera sehingga tamu hotel bisa berfoto-foto di TV tersebut, yang kemudian hasil foto langsung bisa dikirim ke e-mail atau diupload di fesbuk..cocok nih untuk yang suka narsis seperti saya hehe…

Penang ==> Tower Budget Hotel

Hotel ini letaknya ditengah kota George Town banget, kemana-mana dekat. Kamarnya juga bagus (ada dua tempat tidur, satu single satu lagi double bed) dan harganya hanya 309rb, tapi ternyata…tidak ada kamar mandi di dalam kamar. Jadi kamar mandinya diluar, share sama kamar lain…dua kamar biasanya satu kamar mandi. Ya ampyun…salah pilih …maklum ketika itu karena mesannya mepet banget yaitu malam sebelum berangkat, saya hanya memperhatikan kamarnya (foto kamar) yang bertempat tidur banyak, letaknya yang ditengah kota dan harganya termurah dibanding yang lain (hanya 266rb cuma mahal pajaknya sehingga totalnya jadi 309rb). Kalau untuk kami sih oke-oke aja, tapi karena bawa krucils yang kebutuhannya untuk ke toilet cukup sering agak ribet juga jadinya.

Tapi secara keseluruhan bagus, dengan fasilitas kamar Ac dan ada kipas angin juga, free wifi, serta yang utama menguntungkan adalah letaknya yang di puasat kota, dekat kemana-mana sehingga memudahkan aktivitas pengelanaan kami.

PS : Foto diatas diambil dari foto kamar hotel bersangkutan di agoda, semua persis sama dengan kamar yang sebenarnya bahkan di DDC House lengkap dengan handuk berbentuk angsa seperti yang ada di foto tersebut.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: