Pulau Tukung, Tanah Lotnya Balikpapan

6 10 2012


Jika anda pernah ke Balikpapan, kemungkinan besar anda tahu dimana letak pulau ini. Pulau ini adalah pulau kecil yang letaknya tidak jauh dari tepi pantai di daerah melawai. Jika anda makan-makan di daerah melawai, pasti pemandangan yang tersaji di depan mata ya pulau tukung ini.

Seringnya pulau tukung ini dikelilingi oleh air laut, jarang sekali saya melihat pulau ini tidak dikelilingi air (atau mungkin sayanya aja yang jarang lewat tempat ini sehingga jarang melihat pulau tukung tidak dikelilingi air). Karena duo krucil saya penggemar pantai, dan karena kami sedang males nyari pantai yang jauh-jauh, jadi rencana awalnya ya hanya main-main di pantai batu-batu banua patra. Rupanya saat melalui daerah ini krucil saya melihat air laut sedang surut yang membuat mereka histeris meliat pulau tukung tidak dikelilingi air (saya sih dengarnya sayup-sayup karena ketiduran dimobil hehe), jadi mereka membangunkan saya supaya membantu mereka merayu si ayah agar bisa berkelana di pulau tukung.

Dengan masih antara sadar dan tidak, saya sih he eh aja. Dan disinilah kami akhirnya, di pulau tukung. Mumpung air laut surut nih, jadi kami bisa berkelana di pulau yang seringnya hanya bisa dinikmati dari kejauhan. Ternyata tidak hanya kami yang pengen menikmati pulau ini, banyak anak muda yang juga beramai-ramai berjalan di tepi pantai ke arah pulau tukung. Dulu sih ada rencana pemkot untuk mendirikan semacam jembatan penghubung daratan dengan pulau ini yang konon katanya jika dibuat seperti tanah lot nya bali, lumayan bisa nambah-nambah turis untuk berkunjung. Tapi entah kenapa, sampai sekarang tidak pernah terealisasi.

Pulau ini banyak batu-batu gedenya loh, batu-batu karang kehitaman yang berlumut karena keseringan terendam air laut. Ya mirip-mirip tanah lot lah…bagus juga sih, sayang pemandangan ke daratannya agak kurang bagus karena tepian pantainya kurang tertata…mungkin kalo dihijaukan bagus juga hasilnya. Foto-foto wajib kayaknya buat semua pengunjung pulau ini, saat saya sedang mengabadikan gambar duo krucil saya tiba-tiba datang sepasang anak muda yang dari tadi saya liat sibuk foto-foto di pulau ini. Mereka meminjam si bungsu saya untuk di foto bersama mereka, gak cukup sekali tapi dua kali. Duile,saya sama si ayah langsung takjub…OMG, masih kecil aja sudah ada yang ngefans sampai minta foto bersama…gimana kalau besar nanti? hehe…

Setelah puas mengeksplore pulau ini, duo krucil saya langsung heboh bermain pasir…hadeuh, dasar anak pantai, senang banget deh kalau berurusan dengan pantai, kelomang dan pasir. Krucil happy, kami pun senang…have a nice weekend everybody😀


Actions

Information

2 responses

8 08 2014
ririn

Walaaahhh, masih ada toh pulau tukungnya … Kirain udah ilang, Hëhëhëhë  ..
Saya suka banget nongkrong di melawai mbak, duluuu banget waktu sma sekitar th 92 an, malem2 makan sate ayam sama sekoteng trus ngliatin kapal yg keluar masuk pelabuhan… Apalagi kalau yg lewat sejenis kambuna yang gede ajah, eksotis beneerrr ngliat lampu2nya. Atau naik ke gunung dubs ngeliat laut.
Tapi berhubung ngga pernah lagi ke balikpapan sejak lulus sma, jd sama sekali buta deh balikpapan seperti apa sekarang, kecuali dpt kiriman kepiting kenari dr temen yg kebetulan dr balikpapan ;-p.
Salam kenal ya mbaakk

8 08 2014
advanture

Salam kenal juga🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: