Maritime Museum (Muzium Samudera), Melaka

17 02 2012


Saat orang tua saya beserta kenalannya Wan pergi ke Pahlawan Walk Market, untuk mencari oleh-oleh. Si ayah dan dua krucil saya suruh pergi mencoba Menara Taming Sari, sedang saya? Saya berniat ngider di bandar Melaka ini, melihat semua objek wisatanya, dan kalo sempat sih…pengen banget ke Stadthuys (bangunan tua berwarna merah).

Kemudian berjalan kakilah saya, “lumayan” jauh (uhh untung waktu mahasiswa sering mendaki bukit, sudah biasa jalan kaki jauh). Jepret sana, jepret sini ala turis. Dan sampailah saya di Maritime Museum, atau dikenal sebagai Muzium Samudera. Bentuknya unik, yaitu kapal kayu berwarna coklat kehitaman. Harga tiket masuknya sih murah, cuma RM 1 perorang. Tapi melihat antrian yang mengular di depannya, saya jadi malas masuk. Pengen sih masuk, pengen tahu ada apa gerangan di dalamnya…tapi mengingat saya sedang terpencar sendiri, dan HP saya yang walau sejak di Indonesia sudah diaktifkan roaming Internationalnya, terkadang kehilangan sinyal…ngeri juga kalau sampai ketinggalan sendiri di negri orang tanpa passport, tanpa HP, hanya ada sedikit uang di dompet…hehe…

Jadilah saya hanya foto-foto dari luar. Konon katanya ini merupakan kapal Portugis bernama Flora de la Mar yang di restorasi dan dijadikan museum. Sangat menarik. Sekalian saja saya foto Medan Merdeka (bah…ada medan pula disini..hehe. ini adalah kumpulan toko kecil) di seberang Museum yang juga ramai oleh turis dan bis-bis pariwisata. Sebenarnya dari sini pengen banget penjelajahan berlanjut hingga Stadthuys (uuhh, tergila-gila banget deh eike). Tapi kembali teringat, saya sedang berkelana sendiri nih…tanpa seorang pun tahu saya sedang kemana, ditambah HP yang nyeleneh (kadang ada sinyal kadang gak, kadang providernya berubah jadi Execom kadang Maxis) tertinggal sendirian di Melaka, macam mana? Apa nak buat? hehe..

Yang pasti sih, untuk sebuah museum, saya suka bentuknya. Penampakan dari luar sih menarik, saya yakin duo krucil saya juga akan suka kalo melihat ini, tiket masuk juga murah. Jadi jika anda berkesempatan ke Melaka, mampirlah di Maritime Museum.


Actions

Information

Leave a Reply

