Petrosains, Kuala Lumpur

16 02 2012


Bisa ketebak dong dimana ini? Diliat dari namanya, Petro..ya pastinya terdapat di dalam Petronas, tepatnya di lantai 4. Harap diingat, Petrosains tutup hari Isnin (hari senin).

Kami sempat kecewa saat membawa duo krucil yang sangat bersemangat ke Petrosains hari senin. Petrosains tutup, namun souvenir cornernya buka. Saat bertanya-tanya di souvenir cornernya, baru tahu kalau hari senin tutup. Kecewa sih, terlebih buat duo krucil. Untung sogokan untuk membeli souvenir khas Petrosains berhasil membuat mereka sejenak melupakan kekecewaan mereka.

Esoknya, pagi-pagi sekali kami kembali ke Petrosains yang mulai buka pukul 9.30 pagi. Kami ditanya kewarganegaraan, rupanya harga antara penduduk Malaysia dan turis berbeda (lihat foto harga tiket masuk). Harga yang dirilis dari Petrosains sih RM 25 untuk dewasa, dan RM 15 untuk anak-anak usia 3-12 tahun. Ada juga harga khusus, yaitu untuk keluarga (2 dewasa, 2 anak-anak) harganya RM 50. Lumayan hemat, karena kami dapat harga khusus family.

Setelah membayar, kami diantar menuju sebuah kereta (mirip monorail gitu, tapi versi mininya, bentuknya kapsul kecil). Begitu kereta ini jalan, masuk dalam terowongan gelap..ternyata ceritanya kita terlempar kedalam masa lampau…sekian ratus tahun silam, masa awal terbentuknya bumi dimana tiap saat kereta berputar menunjukkan beginilah masa lampau kala planet baru terbentuk, hutan-hutan lebat (emang mirip hutan beneran loh masa dinosaurus dulu, jadi agak serem juga..hehe). Kemudian setiap hal yang diceritakan, kereta berputar menghadapnya..terkadang malah posisi kereta seperti tertungkup/tertungging, kadang terlentang..asik, seru. Naik kereta ini hanya sebentar untuk kemudian berhenti disebuah tempat, nah dari tempat ini petualangan bermuladengan berjalan kaki.

Jadi beginilah skema perjalanan anda berdasarkan peta Petrosains yang saya simpan ;
1) Perjalanan sekilas masa (ya naik kereta itu)
2) Energy..nah disini banyak banget teori plus dipraktekkan langsung mengenai energy tersebut. Malah ada guidenya yang merupakan anak-anak muda volunteer, yang menjelaskan tentang energy tersebut dan membantu anak anda mempraktekkannya dalam segala jenis permainan. Bahkan disini anak saya mencoba menghidupkan lampu menggunakan satu tangan saat tangan lain memegang sebuah tabung berisi gas…keren.
3) Petrojaya
4) Time Tunnel
5) Geotime Diorama..disini ada dinosaurus loh, tangannya gerak-gerak dan ngomong! sibungsu saya ketakutan nih disini
6)Science Station 1
7) Exploration
8) Activity Area,disini anda bisa bermain dengan bayangan anda loh..seperti nyundul kelereng yang ada dilayar besar menggunakan bayangan kepala, bermain sama kupu2 dll..keren deh
9) Sparkz
10) Simulator
11) Oil Platform, nah disini si ayah nih yang excited pengen ngejelasin pada duo krucil tentang kerjaannya..mumpung ada miniaturnya, tapi tempatnya sepi sehingga krucil malas berlama-lama disini..serem kata mereka..haha.
12) Speed..disini area belajar sekaligus bermain tentang kecepatan. Eh ada mobil formula satu juga loh…keren.
13) Refinery
14) Molecule Nano World..nah disini, molekul-molekul atom yang kecil-kecil itu diperbesar sebesar bola dan digabung dengan atom lain hingga membentuk molekul hidrogen, minyak dsb. Kalo sedang disini seperti berada di negri antah berantah haha..
15) Petrochemical
16) ScienceStation 2
17) Activity area 2
18) Future Energy
19) Ungku Omar Theatre, disini ada semacam mini bioskop 3D gitu. Saat kami disini, hanya kami loh yang ditawarin nonton (entah kenapa, kasian kali..hehe) padahal turis lain banyak juga yang ke Petrosains.
20) Musiz, Art & Science..eh disini anak anda bisa membuat gambar loh di sebuah layar menggunakan tembakan, hasilnya langsung dikirim ke alamat email anda! Lumayan untuk kenang-kenangan hasil karya anak anda saat bermain sekaligus belajar di Petrosains
21) Perjalanan Sekilas Masa + exit. Nah, ini akhirnya..anda diajak naik kereta lagi seperti awal. Seru…

Arealnya luas banget, dan permainan yang menambah pengetahuannya banyak banget sehingga anak anda tidak akan pernah bosan, dan tidak. henti-hentinya mengexplorasi semua yang ada. Pokoknya 3 jam pun gak kerasa saat disini, kecuali perut yang menuntut minta diisi. Jadi saran saya, siapkan makanan dan minuman yang cukup agar selama disini, anda dan anak anda tidak kelaparan atau kehausan. Boleh kok makan minum selama disini, kecuali saat di kereta anda tidak diperbolehkan makan dan minum.

Nah kemudian keluar, dekat pintu keluar ada souvenir corner berisi barang-barang khas Petrosains. Ke arah kiri dikit, ada Street Smart (yang ini gratis loh, kami juga dapat info saat membeli tiket Petrosains). Isinya juga areal permainan, tapi tentang jalan raya, ada lampu lalu lintas, berbagai macam kendaraan, dsb namun semuanya bertema Disney. Saat keluar, kami dikasih souvenir Disney (lagi-lagi gratis loh), ada topi mickey, stiker disney, dsb…ahhh beruntungnya kami..hehe..

Pokoknya gak rugi deh kesini, saya sangat merekomendasikan membawa anak anda mengexplorasi Petrosains ini. Have a great unforgettable moment with your kids😀


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: