Chinatown dan Petaling Street, Kuala Lumpur

15 02 2012

Walau hotel kami letaknya di bintang walk, yang merupakan pusat perbelanjaan (shoping area) terkenal di pusat wisata terkenal di KL, tapi sebagai backpacker, belanja barang, baju dan asesoris kayaknya gak penting. Kalaupun belanja paling-paling hanya untuk oleh-oleh guru dan sahabat serta kenalan saja.

Nah, urusan souvenir begini sih sebenarnya tersedia di banyak tempat. Di bintang walk pun sebenarnya ada kalo mau dicari, namun harganya ya harga kulit putih kata kenalan kami. Maksudnya adalah harganya sudah berkali lipat, alias mahal.

Kalo ada yang murah, ngapain nyari yang mahal..ya kan? Nah, konon katanya souvenir seperti baju-baju kaos dan gantungan kunci serta pajangan bertuliskan Kuala Lumpur atau Malaysia yang murah ya di chinatown. Lebih tepatnya sih jalan petaling (Petaling Street). Kalo diliat dipeta sih kayaknya gak terlalu jauh dari bintang walk, cuma kalo jalan kaki mungkin semaput duluan hehe. Untung ada bis HoHo andalan kami..hehe. Turunnya tepat di chinatown, tidak jauh dari jalan petaling.

Petaling Street ini mirip dengan pasar baru atau tanah abang kali ya. Lapak-lapak kecil yang berdempet-dempetan, sesak dengan turis (halah terkenal pula jalan nih). Disini anda harus ditawar-menawar, jadi kalo jago nawar bisa dapat murah, kalo gak ya salah sendiri…hehe. Untung saya bawa ibu saya yang jago nawar, jadi lumayan juga beli gantungan kunci dengan harga tidak terlalu mahal sebagai oleh-oleh.

Saat tawar menawar, saya bertemu dengan turis asal Jakarta. Saat ngobrol-ngobrol, kami setuju ini mirip pasar baru atau tanah abang, tapi kan tulisannya ini yang dikejar (maksudnya tulisan Kuala Lumpur atau Malaysia, sebagai oleh-oleh untuk kerabat) kata ibu tersebut…hehe. Jadi jika anda mencari tulisan seperti kami sebagai souvenir, oleh-oleh, datanglah ke tempat ini.

NB :
* Sebagai tambahan informasi karena banyak sekali yg mencari info tempat belanja di KL, saya tambahkan beberapa tempat belanja murah berikut ini ;
– Sungei Wang (letaknya tidak jauh dari bukit bintang), ini mirip Mangga dua, atau ITC, BTC atau semacam itulah. Mall yang berisi berbagai macam toko yg menjual berbagai macam jenis barang seperti HP, sepatu, baju, dsb.
– Central Market (Pasar Seni), nah ini letaknya tidak jauh dari petaling, untuk bisa sampai ke tempat ini anda bisa naik taxi atau bus HoHo (andalan saya hehe)
– Little India. Ini merupakan sentra pernak pernik india, seperti kain sari dsb. Untuk sampai ke tempat ini bisa naik taxi atau (lagi-lagi) bus HoHo..

Tapi kalau anda menginap di daerah bukit bintang, jangan takut atau khawatir. Anda tak perlu repot-repot nyari tempat belanja karena disitulah pusat perbelanjaan, surga belanja deh. Banyak toko, mall, cafe, dsb.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: