Pelancong Yang Tak Sabaran

13 02 2012


Kami tiba malam dihotel, kurang lebih jam 8 malam. Karena duo krucil harus diurus, dimandikan dulu, makanin dulu (loh, belum nyari tapi sudah bisa nyuapin? bukan karena makanan disediakan dihotel loh…tapi karena ibu saya sangat amat percaya, makanan mahal semua di KL sehingga bawa makanan bejibun dari Indonesia..hehe), nyiapin susu, nidurin. Nah kemudian, sebagai pelancong yang tak sabaran, saya merasa harus segera melihat kota ini. Banyak hal yang mau saya pelajari dulu sebelum membawa duo krucil dan orang tua saya jalan-jalan esok hari. Ya setidaknya saya & si ayah mengenal medan dulu lah…

Yang pertama kami pelajari, aturan hotel. Kenapa? alasannya sih, karena setahu kami hotel ini terletak di dalam mall, padahal mall kan waktu bukanya terbatas sehingga daripada kami ke kunci diluar hotel karena lupa waktu saat jalan-jalan dinegri baru, lebih baik menanyakan hal ini dulu ke pihak hotel. Ternyata, banyak jalan menuju hotel…tidak cuma lewat mall tok. Okelah kalo begitu…saatnya menjelajah malam di kuala lumpur.

Sebelumnya saya juga sempat nanya-nanya tentang jalan menuju petronas (yang lebih dikenal sebagai twin tower oleh orang Malaysia) ke pihak hotel, dan dikasih tahu kalo jalan jauh…sekitar 20 minit. Saat tanya chinatown, malah dikasih jawaban…i don’t know yet..walah? Kalo kayak gini emang harus beredar dulu nih. Kemudian, kami keluar hotel…buset dah, ternyata walau malam telah larut, denyut kehidupan di bintang walk malah semakin berdenyut kencang. Baeklah, mumpung banyak orang seperti ini, saatnya bertanya tanya tentang bis (bus stop/selter bus) yang dari Indonesia sudah saya tasbihkan sebagai kendaraan wajib untuk mengantar kami keliling Kuala Lumpur.

Bis apakah itu? Namanya Hop On Hop Off Bus. Sayangnya tak semua orang tahu, beberapa security (tampang dan pakaiannya sih gitu hehe) tempat kami bertanya hanya menjawab secara umum..bas banyak disini..halah. Untungnya akhirnya ada juga yang tahu dan menunjukkan tempat perhentian bis ini (bus stop) di Bintang Walk, eee…ternyata gak jauh dari depan hotel. Baiklah, kendaraan untuk besok ready…sekarang, jalan untuk pejalan kaki dari Bintang Walk ke Petronas. Supaya krucil bisa diajak kesini nih, bukan karena Petronasnya..tapi karena Petrosainsnya, pasti krucil suka kesini. Maka harus tahu dulu nih arah.

Dan karena kami suka penasaran dan terutama besaran sok tewunya…dengan pedenya kami menembus Pavilion, sebuah mall besar yang terletak diseberang hotel kami. Patokannya hanya dengan melihat ujung Petronas yang mencuat dikit, kayaknya sih dibelakang Pavilion itu. Terus saja melalui beberapa cafe, hingga menemukan papan petunjuk arah KLCC… hanya sebuah jalan untuk pejalan kaki berupa jembatan diatas jalan…terus, hingga menemukan petunjuk lagi arah twin tower. Yippie, sudah tepat nih arahnya, tapi tiba-tiba jembatan tersebut terputus, keluar turun..nah, disini petunjuk tak terlihat, tapi ada seorang petugas yang bisa ditanya-tanyai. Akhirnya kami pun masuk ke dalam KLCC, yang begitu turun eskalator langsung disambut tulisan besar..Aquaria. Hmm, sebenarnya ini termasuk list yang kami niatkan akan dikunjungi, tapi setelah mengetahui tarifnya yang lumayan, jadi malas. Masih banyak tempat menarik lain untuk krucil dengan biaya hemat, malah free. Kalo ada yang murah, kenapa harus nyari yang mahal…hahaha, prinsip ketat backpacker😛

Sampailah kami ditaman KLCC, dari sini twin tower terlihat jelas. Foto-foto dong, karena seperti yang dikatakan dalam sebuah blog yang menganalogikan wong ndeso kalo ke Jakarta wajib ke Monas, begitu pula turis kalo ke KL wajib berfoto-foto dengan latar twin tower sebagai maskotnya KL, bukti nyata sudah pernah kesini (kan slogan anak muda sekarang, no pic = hoax..hehe). Apalagi menurut saya, berfoto foto dengan twin tower bagusnya malam karena Petronas terlihat lebih keren dimalam hari.

Tapi gak sah banget kalo cuma foto dari kejauhan. Kayaknya harus mendekat nih, harus foto depan Suria, karena dari hasil browsing…foto-foto dari depan Suria (sebuah mall dekat Petronas) dimalam hari hasilnya wokeh bangets. Twin tower terlihat jelas dengan cahaya lampu benderangnya plus tulisan Suria KLCC. Sehingga mendekatlah kami ke suria. Ternyata susah juga foto-foto hanya dengan mengandalkan kamera henpon. Karena kamera kami sudah sejak setahun lalu pensiun sejak tiba-tiba rusak saat dimainkan teman si sulung.

Tapi tak apelah, dengan hasil yang ada pun kami sudah cukup puas. Tujuan tercapai, mencari tahu jalan menuju petronas berhasil. Selanjutnya tinggal mencari kedai-kedai makanan yang murah. Kami tak percaya bahwa semua makanan mahal, pasti ada yang murah. Selain itu 90% hasil browsing saya menyatakan, makanan dan minuman kalo mau hemat sama atau kurang lebih di Indonesia, ya sekitar RM 5-10. Hitung-hitungan kami dengan nilai tukar rupiah ya kurang lebih 30 ribu lah (kalo ambil yang termahal RM 10). Kalo segitu sih sama dengan biaya sekali makan di Balikpapan, gak jauh beda. Minuman pun dikatakan antara RM 1-3, sama lagilah dengan Balikpapan. Mungkin mahal kalo makannya ya kelas bintang walk, atau kata seorang pakcik, kelas KLCC.

Karena penasaran, mosok jauh-jauh nyebrang pulau dan negri, gak nyobain makanan khas sini, maka selesai menemukan jalan ke Petronas kembali lagi kami ke arah bintang walk. Ngider-ngider, dan tepat dibelakang hotel kami, tepatnya jalan walter grener, kami menemukan banyak kedai India, dan sebuah kedai melayu. Dalam sebuah brosur parawisata Malaysia yang membahas khusus kuliner disebutkan roti canai, maka begitu melihat ada roti canai didalam daftar menu kedai tersebut, segera saja saya memesannya. Ebuset deh, tahu gak harga yang disebutnya? 90 sen, atau RM 0.90…kalo dirupiahkan ya sekitar Rp 2.800,- ! Yippie, misi pelancong tak sabaran pun completely done. Besok petualangan bermula…


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: