Passport

12 01 2012

20120208-124940.jpg

Hari ini kami wawancara dan berfoto-foto ria di kantor imigrasi. Sayangnya gak boleh pake gaya kepala dimiringkan dikit plus tangan di pinggang andalan si bungsu atau mulut dimonyongin, atau lidah melet ala McQueen Cars, atau sok imut dengan tangan terkepal didepan dagu, bahkan dua jari membentuk V disamping telinga yang melambangkan simbol perdamaian pun tak boleh. Juga gak boleh pake baju putih polos karena background foto berwarna putih. Tapi kalo pake baju putih yang ada campuran warnanya sih gak masalah seperti kami yang seperti gerombolan si berat rame-rame pake baju raglan marun putih yang melambangkan merah darahku putih tulangku coz we love Indonesia..hayah lebay😉

Ya ya, kami sedang bikin passport. Walau hari ini ayah harusnya “melaut” (ke lokasi) selama 2 hari, terpaksa ditolak demi berfoto ria di imigrasi. Sejak jam 13.00 WITA kami sudah meluncur menjemput si sulung yang terpaksa harus minta ijin keluar kelas duluan karena jadwal wawancara plus foto-foto ria nya sih jam 13.30, padahal jadwal kelas bubar jam 14.00.

Setibanya di imigrasi jam 13.30, kami harus mengantri untuk membayar passport kami. Antriannya sih gak panjang, cuma nomor antriannya lama bergerak dari satu angka ke angka yang lain. Setelah membayar Rp 1.020.000,- untuk berempat dan untuk passport 48 halaman. Rinciannya tarif SPRI : Rp 200.000,- perorang serta Tarif TI : Rp 55.000,- perorang. Setelah membayar kemudian kami antri lagi untuk wawancara + foto. Nah antrian ini yang paling lama. Baru jam 15.30 kami bisa masuk.

Wawancaranya hanya berisi pertanyaan negara serta tujuan ke sana. Apakah benar lahir tanggal sekian, tinggal di alamat tersebut, ya segala sesuatu yang sebenarnya sudah ada di formulir sih. Lanjut foto-foto, cap jari, tanda tangan…tadaaa.. passport bisa diambil tanggal 25 nanti.

Bikin passport sendiri gak ribet, cuma agak lama juga ternyata prosesnya. Formulir dimasukkan tanggal 4, wawancara + foto tanggal 12, selesai tanggal 25. Berarti totalnya sekitar 3 mingguan.

Tips agar cepat prosesnya, siapkan fotocopy lengkap dengan aslinya semua surat yang diminta seperti : 1) akta lahir/ ijazah 2) buku nikah 3) KTP 4) kartu keluarga dan mengisi semua isian yg ada diformulir. Formulirnya sendiri bisa diambil dikantor imigrasi, harganya Rp 50.000,- untuk berempat.

Kalau semua sudah disiapkan, begitu formulir dimasukkan langsung di cek kelengkapannya dan dikasih jadwal wawancara. Yang jadi lama jika ada syarat yang ketinggalan atau terlupa. Oh ya, untuk yang muslim yang suatu saat nanti pastinya pengen naik haji atau umrah seperti yang disebutkan dalam rukun islam, jika nama anda hanya terdiri satu atau dua suku kata saja, tambahkan saja langsung nama orang tua laki-laki. Hal ini dikarenakan pemerintah saudi mensyaratkan 3 suku kata untuk nama, jadi daripada harus repot-repot nantinya ganti passport untuk nambah-nambah nama lagi yang artinya nambah biaya, gak ada salahnya nama langsung ditambahkan begitu membuat passport baru walaupun tujuannya bukan ke saudi. Jadi siapkan semua yang dibutuhkan, dan selamat bikin passport😀


Actions

Information

3 responses

13 01 2012
Lomar Dasika

hehehe…biayanya ternyata disana juga segitu yah. ga beda sama disini. tapi disini antrianya panjang dan lama. bener jeung, nomornya lambat bergerak dari satu nomor ke nomor lainnya. oh ya, disini passport cuma 8 hari loh…hehehehe…itu pun saya nggak pake cuti karena datang pagi2, jadi antriannya ga terlalu banyak. cukup minta ijin aja sama atasan buat masuk siangan…wekekekeke *sayang cuti, kan bisa keliling Indonesia trus nulis di indahnesia…lol* hahahaha

13 01 2012
advanture

wah..iya ya, kenapa bisa lama ya disini? betul tuh, sayang kalo cuti mending cutinya dipake untuk jalan-jalan. hidup jalan-jalan!!😀

15 01 2012
My Homepage

Hello there, I discovered your blog by way of Google at the same time as searching for a comparable topic, your website got here up, it seems to be fantastic. Ive bookmarked it in my google bookmarks. 103941

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: