Air Terjun Pinang Seribu Sampai, Samarinda

2 01 2012


Lucu ya nama air terjunnya; “Pinang Seribu Sampai”. Mungkin dulunya angkot untuk sampai ke kawasan ini (air terjun) seribu rupiah, makanya dinamakan seribu sampai hehe, hanya perkiraan iseng loh tentang asal usul namanya.

Dan..ya..ya, kami masih di Samarinda, masih punya jatah liburan awal tahun sampe hari ini. Walau ayah sedang demam tapi duet krucil gak bisa dibujuk untuk menunda petualangan mencari air terjun seputaran Samarinda. Maklum, pecinta alam sejati…Sejak pagi begitu bangun tidur bahkan seharian ini mereka ribut terus “mau ke air terjun”.

Akhirnya, siang hari sebelum kami kembali ke little house on the praire kami di Balikpapan, kami pun melanjutkan petualangan yang tertunda. Disupiri ayah yang sedang demam, kami pun mencari air terjun yang namanya lucu ini, Pinang Seribu Sampai. Konon katanya air terjun ini berasal dari sungai batu besaung yang berarti sebenarnya air terjun ini perpanjangan air terjun berimbai. Air terjun pinang seribu sampai ini katanya sih letaknya di sempaja juga. Entah dimana, buta nama jalan & lokasi, hanya modal nekat dan tekad serta bertanya pada penduduk setempat seperti biasa, akhirnya nemu juga..yippie…

Air terjun ini letaknya sebenarnya tidak terlalu jauh dari pusat kota, terutama tidak terlalu jauh dari simpang sempaja. Lebih tepatnya, terletak di jalan padat karya, sekitar 6 km dari simpang padat karya atau lebih dikenal dengan nama bengkuring.

Jalannya? Lupakanlah sebutan saya akan jalan rusak ketika menuju air terjun berimbai. Kalau jalan batu besaung, jalan menuju air terjun berimbai saya sebut rusak, maka jika ada sebutan yang lebih rusak dari rusak, begitulah jalan menuju air terjun pinang seribu sampai ini. Jalannya hancur…rusak berat disana sini. Hanya jalan tanah yang tampaknya sempat dikeraskan dengan batu gunung namun tidak merata, sehingga disana sini gerinjal gerinjul, kendaraan jadi geol sana geol sini.

Sebenarnya mendekati air terjun ini, pemandangan yang terhampar cukup menarik dan indah. Sawah membentang di kanan kiri jalan, dengan petani yang sedang menanam padi dan pepohonan lebat sebagai latarnya. Indah, namun tidak dibarengi dengan infrastruktur yang memadai untuk menikmatinya. Baliho besar tentang wisata air terjun ini dari dinas pariwisata yang terpampang dijalan jadi terlihat seperti umbul-umbul saja.

Akhirnya setelah bersakit-sakit badan dalam kendaraan yang berjoget dijalan bergelombang, diujung jalan kami pun melihat danau besar berisi sepeda air berbentuk berbagai binatang. Memasuki gerbang kayu yang tersedia kami disambut oleh rumah lamin berbentuk panggung, barulah disebelah kanan parkiran kami melihat air terjunnya. Dengan membayar uang sebesar 15 ribu rupiah, dengan hitungan 5 ribu rupiah perorangnya, kami dapat menikmati kawasan tersebut yang berisi arena permainan air, outbond, air terjun, serta deretan gazebo yang disewakan sebesar 20 ribu rupiah perjam.

Air terjunnya sendiri cukup menarik bagi saya pribadi, bentuknya berundak-undak, mungkin bisa dikatakan mirip dengan air terjun bantimurung versi kecilnya. Sayangnya walau air terjun ini licin, dan menyebabkan ayah terpeleset jatuh hingga HP dikantong jadi korban kecelup air, namun banyak sekali pengunjung yang bermain air disini sehingga membuat saya kesulitan mendapat foto air terjunnya sendiri hehe.

Seperti kata sulung kecil saya, air terjunnya lebih bagus dari kemarin bunda…tapi jalannya lebih rusak..hehe. Mungkin abang suka karena di kawasan ini banyak tersedia permainan serta lebih tertata dan terpelihara walau jalan menuju kesini hancur. Walau si ayah lebih suka air terjun berimbai, yang jelas duo krucil kami ternyata lebih suka kawasan air terjun ini. Mereka sampai ngambek dan menangis ketika diajak pulang. Baiklah duo krucil, lain kali kita main kesini lagi yah sayang, maafkan ayah bunda yang menyebabkan abang dan adek tidak sempat menikmati semua permainan yang ada karena kita sedang buru-buru mau pulang. Tapi ayah bunda kan sudah janji, next time petualangan kita pasti lebih seru lagi.

See you on next the adventure😀


Actions

Information

7 responses

4 01 2012
Lomar Dasika

air terjunnya nggak terlalu tinggi ya jeung…bener, mirip Bantimurung versi mini. hehehe. udah kesanakah? adakah air terjun yang dashyat dan dari ketinggian beberapa puluh meter di Kalimantan?

4 01 2012
advanture

Belum pernah ke bantimurung sih, tapi suatu saat nanti insyaAllah kesana hehe. Gak berani berencana, kl berencana seringnya gagal mulu, malah bete sendiri jd tunggu waktu, kesempatan & kata hati membawa aja😀 iya dikaltim kyknya gak ada (blm nemu) air terjun yg tinggi dan besar. Mungkin dikarenakan minimnya gunung disini ya, ntar kl sdh nemu pasti dimasukin blog kok hehe..

18 01 2012
shry

wah yang lebih bagus na t2 klu mau lhat air terjun datang aja ke kubar, di jamin air terjun d’sana lebih bagus dan tinggi jga sh,…
klu ada waktu jaln2 k’sana.

18 01 2012
advanture

hai shry, salam kenal. iya, niatnya dari dulu emang pengen ke kubar, pengen liat pesut dan anggrek hitamnya sih… cuman dengar-dengar jalannya hancur jadi belum berani kesana selain itu waktunya juga belum ada,kalo libur ada aja halangannya. suatu saat nanti insyaAllah kesana🙂

23 09 2013
Breckho Lee™ (@fadliansyah15)

kalau ke kubar terasa terlalu jauh, alternatif lain ada di Paser,.. selain air terjun, disana juga ada anggrek hitam yang masih terjaga keberadaannya,.. gambaran sedikit bisa liat link ini;.
http://sengkatel.blogspot.com/2013/02/perjalanan-menuju-air-terjun-doyam.html

17 11 2013
Tempat Wisata

di daerah sini blas g ada sinyalnya, capede

20 09 2014
Khairatul Muksita

di kalsel jg bagus2 mas, mbak, wisata alamnya, datang ksni yukkkk jalan2 sama keluarga atau kerabaat …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: