Tugu Equator, Santan

7 09 2011

Dalam pelajaran geographi, pengetahuan paling dasar yang diajarkan adalah Kalimantan terletak di garis khatulistiwa. Garis imajiner yg membujur membagi bumi jadi hemisfer utara dan selatan. Matahari berada tepat diatas garis ini 2x dalam setahun, selain itu tempat-tempat yg bersinggungan dg garis ini mengalami siang dan malam yg sama panjangnya dibanding yg berada di sebelah utara atau selatan.

Itu sebabnya Kalimantan terasa “lebih” panas dibanding pulau lain, selain juga karena paru-paru dunianya juga banyak yg bolong, gundul sana-sini ditebang. Dan pengetahuan dasar sebagai backpacker, tempat terkenal yang ada tugu equatornya ya di Kalimantan Tengah. Walau beberapa teman pernah bercerita beberapa daerah yg ada tugu equatornya juga.

Bahkan suami saya pernah cerita tentang sebuah tugu equator terlantar di tengah hutan saat tugas di lapangan. Tapi ya gitu, semua info yang saya dengar ya sebatas itu saja. Saya sendiri belum pernah melihat langsung.

Tapi saat berangkat menuju Bontang, di daerah yang namanya Santan, mata saya melihat perubahan mencolok. Suatu tempat yg agak menjorok masuk di sebelah kiri jalan. Katanya sih disitu tugu equator, karena hari sudah sore jadi kami memutuskan perjalanan pulang saja melihatnya.

Saat perjalanan pulang, pukul 12.30 kami pun berhenti disini. Ternyata jalan masuk ditutup portal, dan ketika berhenti didepan portal seketika itu juga sekelompok anak-anak menggedor-gedor jendela, menanyakan apakah kami mau masuk? Saat dijawab iya, bayar berapa…terserah om kata mereka sambil membuka portal dan mengikuti kami kemana-mana. Serasa jadi induk itik deh eike, diikuti segerombolan anak-anak hehe.

Pepohonan yang berada dikanan kiri tugu sama sekali tak menolong mengurangi rasa panas yg menyengat. Tugunya sendiri berada diatas sebuah bangunan yg terkunci rapat. Kata anak-anak tersebut sih, kuncinya dipegang bapaknya anak itu (sembari menunjuk salah seorang anak). Didalamnya gak ada apa-apa kok om, cuma tangga & foto-foto, demikian penjelasan guide-guide cilik kami.

Jadi ya tidak ada apa-apa yg dilihat selain tugu yg menjulang diatas sebuah bangunan, dan sebuah prasasti peresmian tugu tersebut yg rupanya dibangun oleh Angkatan Bersenjata. Panas sih iya. Paling yg bisa dijelaskan keduo krucil adalah matahari yg tepat diatas kepala menyebabkan tubuh nyaris tanpa bayang-bayang.

Begitulah cerita jalan-jalan kami selama 2 days in Bontang, memang tidak semua tempat bisa kami kunjungi karena waktu yg terbatas. Selamat kembali beraktivitas setelah long holiday. See u on next adventure😀


Actions

Information

3 responses

7 09 2011
lomardasika

Bontang berarti salah satu kota yang dilintasi Khatulistiwa yah? *eh, jeung, saya lebih suka pakai istilah Khatulistiwa daripada Equator karena rasanya lebih Indonesia hehehe*

Di Sumatera Barat ada Bonjol, di Riau juga ada. Kalimantan Barat tentu saja Pontianak, Kalimantan Tengah juga ada ya kayaknya? terus Sulawesi Tengah di Tinombo, Maluku Utara dan Papua kayaknya sudah nggak dilintasi Khatulistiwa😀

7 09 2011
advanture

Iya sih khatulistiwa lebih Indonesia karena memang bahasa Indonesia hehe. Masalahnya tempatnya dinamakan tugu equator …hehe.

Hmm bentar…bentar.. *sambil dahi mengkerut, mengetuk2kan jari ke jidat, mencoba mengingat*…sayah lupa, ntah kalbar atau kalteng sih yg ada tugu equatornya. Maklum sudah tua, sudah lupa pelajaran geographi hehe. Wah kenapa Papua tdk dilewati khatulistiwa lagi ya? Memang bumi bergeser ya???
Tq infonya😀

13 09 2011
Lomar Dasika

Jeung, bayangkan Indonesia itu seperti persegi panjang deh. nah, sudut kanan atas persegi panjang itu agak ditarik ke bawah dikit deh. alhasil, itulah bentukan Indonesia. sisi barat lebih tinggi daripada sisi timur. untuk hal yang sama juga, sisi sisi timur terletak lebih selatan dibanding sisi barat. hehehe…

Kalimantan Tengah sih harusnya kena khatulistiwa juga sih. posisinya propinsi ini kan memotong khatulistiwa. lokasinya mungkin di Kuala Kurun, Gunung Mas, atau Murung Raya kali ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: