Jelajah Tanjung, KalSel

3 07 2011

Nah ini baru cerita utama, setelah cerita sendu kelabu hijau muda dan biru…hehehe…

Kata papa saya, saya si explorer. Kata ibu saya yg walau suka kesel liat saya wara wiri gak jelas terus, tapi ternyata sering cerita ttg anak perempuannya yg gak suka dandan tp lebih suka berpetualang kesono kemari, saya si petualang hehehe. Intinya belum lengkap kalo belum berpetualang dan menjelajah kota yg kami datangin. Jadi sambil ziarah ke makam nenek, ngumpul bareng sepupu, menjelajah harus dong.

Karena satu dan lain hal, daftar tempat yg rencananya akan kami explore gagal di datangi. Jadi harus puas-puasin menjelajah kota Tanjungnya saja, sedang wisata alamnya next trip aja…hiks…

Tanjung berada di propinsi Kalimantan Selatan, tepatnya di kabupaten Tabalong. Jika dilihat di peta sih, letaknya paling dekat dengan Kalimantan Timur, kabupaten yg langsung berbatasan dg Kalimantan Timur. Jaraknya kurang lebih 300-an kilometer saja dari Balikpapan. Namun dengan jarak yg tidak terlalu jauh tersebut, harus ditempuh dalam waktu 7-8 jam dikarenakan jalan penghubung yg rusak disejumlah tempat.

Dan inilah beberapa objek yang ada di pusat kota Tanjung

TUGU OBOR

Ini maskotnya Tanjung nih. Letaknya pas dipintu masuk menuju Tanjung, di simpang empatnya, kalo kekiri arah banjarmasin, lurus tanjung, kanan ke murung pudak (nama daerah di tanjung). Kenapa tugu ini jadi penanda kota Tanjung? Dulunya sebelum ada tambang batu bara seperti sekarang ini, Tanjung hidup dari minyak bumi yg dikelola oleh Pertamina.

Konon dulu api obornya besar sekali, sekarang sudah kecil (mungkin disebabkan berkurangnya simpanan minyak dalam perut bumi). Saya sih gak seberapa ingat berapa ukuran api jaman saya kecil dulu dibanding dengan sekarang. Yang jelas sih harus di foto nih, tanda ke Tanjung hehehe…

TAMAN KOTA TANJUNG

Taman ini sih taman umum yang tampaknya serba guna.Letaknya dekat dengan pasar, depan mesjid terbesar di Tanjung. Di taman ini banyak terdapat penjual makanan, arena permainan anak, dan tempat beberapa acara diadakan.

AIR MANCUR

Letaknya tidak jauh dari Taman Kota, mesjid dan pasar. Mungkin dulunya ini tempat putaran jalan. Yang pasti sih duo bolang saya – yg suka banget ngeliat segala jenis air, dari yg asin (Laut), tawar (sungai), jatuh (hujan), terjun (air terjun) sampai yg mancur- suka banget diajak kesini.

TAMAN 10 K

Kata sepupu saya namanya taman kodok, walau sebenarnya yg saya liat sih tulisannya Taman 10K. Kalo ditanya apa itu 10K, saya juga gak tahu. Sedang nama taman kodok mungkin diambil dari patung kodok yg berdiri di depan taman ini.

Letaknya di komplek pertamina murung pudak. Sedang arti murung sendiri katanya sih tanjung, pudak = pandan. Mungkin dulunya tempat ini banyak pandannya.

Isi tamannya? Penuh dengan patung-patung binatang seperti singa, kuda, jerapah, kodok, gajah,dsb. Ada juga alat berat seperti tractor, stumolen, dsb. Serta permainan anak seperti ayunan, sliding (perosotan), dsb.

MAL BAUNTUNG

Namanya sih mal, tapi sebenarnya pasar tanjung. Kalo menurut saya sih ini tempat yg wajib didatangi, karena tepat dibawah tangganya ada yg jualan sate itik terenak menurut sepupu-sepupu saya. Makanan yg sekarang jadi kesukaan duo bolang saya. Selain itu juga karena dipasarnya banyak jual makanan langka yg unik, yg tidak ditemui ditempat lain. Harganya juga miring, dan enak tentunya.

Pasar di tanjung ada hari-harinya disebut hari pasar, biasanya pasar keliling tempat sehingga bila hari pasar, bisa dipastikan seluruh warga pergi ke pasar, rame banget. Hari jumat adalah hari pasar di tanjung, malamnya pasar tungging (pasar malam) yg selalu dipenuhi warga sampe susah berjalan. Kenapa namanya pasar tungging? Tungging dalam bahasa banjar artinya jongkok, jadi karena barang yg dijual digelar pakai tikar dijalan, pembeli mau gak mau harus nungging milih-milih barang. Itulah asal muasal nama pasar tungging.

Biasanya di hari pasar berbagai makanan dijual dipasar. Warga yg suka makan membeli serta makan makanan di pasar seperti sate, sop, soto, wadai (kue) dsb. Itulah yg saya suka dari pasar tanjung, makanan yg dijual enak, unik dan murah. Apalagi pasar ini juga dekat dg rumah kakek saya, biasanya kami jalan kaki saja dari rumah.

SUNGAI

Seperti saya bilang sebelumnya, kami suka segala jenis air, termasuk kedalamnya sungai. Dan karena di depan rumah ada sungai, jadi perlu juga dong diabadikan dalam blog ini hehe.

Apalagi papa saya pernah cerita saat beliau kecil dulu, saat hendak buang air di sungai ini, tanpa sadar karena kondisi yg gelap, beliau malah naik ke punggung buaya yg dikiranya batang pohon. Cerita ini pernah saya kirim ke majalah intisari saat saya mahasiswa dulu, sehingga tiba-tiba saya dapat uang dari cerita tersebut. Sungai kenangan masa kecil papa, dan sungai yg memberi uang dari hasil menulis tentangnya hehehe…

Demikian sekelumit tentang Tanjung kabupaten terkaya di kalimantan selatan. Sebenarnya masih banyak lagi wisata alam yg belum sempat kami jelajahi. Next kalo ada waktu, pasti akan kami jelajahi dan ceritakan disini. Have a great weekend epribadih😀


Actions

Information

20 responses

7 07 2011
Lomar Dasika

Saya tahu Tanjung! di Kota ini kan ada ASton Tanjung! ya ngga? Tanjung itu ibukota Tabalong bukan? hehehehe

menarik juga jeung soal informasi Kota Tanjungnya! hehehe. Thanks buat infonya. Saya akan mampir ke Tanjung deh kalau ke KalSel lagi ^^

10K = 10ribu gituh?

ceritain donk soal sate itiknya…hehehe

7 07 2011
advanture

Yup benar bgt, kok tahu sih? *garuk-garuk kepala* mungkin satu-satunya kabupaten yg ada hotel berbintangnya, ini dikarenakan kemajuan pesat kotanya yg tampak hidup dan dihidupkan oleh tambang batu baranya.

10K = 10 ribu? Waduh gak tahu deh. Mungkin iya, mungkin juga gak…soalnya didalamnya ada tugu tentang 10 sila kepartaian atau semacamnyalah yg tdk terlalu saya perhatikan.

Sate itik? Sudah diulas dalam tulisan pokoke maknyus…soalnya sate yg terenak menurut saya sih (mungkin efek psikologis cinta kampung nenek & sering dicekokin sate ini tiap plg kampung hehehe)…

12 08 2011
Budi Sastro Wiyono

yang jelaS KALTIM LEBIH OKE,….he…he……

25 08 2012
amanda abdul gofar ramadhani

waah, fotografi ne kurang apik sitikk..no.5 dr atas bkin silaaauu..
kalau ditambah kmampun ftografi yg lbih baiik, pasti bgus nihh.. itu aja msukan q.. smga kmajuan tanjung diiringi dng kmajuan akhlak muda-mudinya jg, aku dnger org sna agk pmalas n ska hura2….. q jg mau ksna bntar ageeee…

25 08 2012
advanture

Terima kasih mbak masukannya, blog ini hanya berisi ttg catatan perjalanan keluarga saya plus foto-foto selama perjalanan kami sehingga mmg tdk diniatkan sebagai ajang pamer kemampuan fotographi dan saya mmg cuma mengambil foto hanya menggunakan kamera HP, jadi ya susah ngatur-ngatur cahaya atau speednya tdk seperti kamera khusus. Tapi trims atas masukannya😀

3 10 2012
Martini DONNA

Hi mba henny, salam kenal ya..🙂

Thanks a lot utk ceritanya mengenai Tanjung..
baru minggu kmrn aku dari Tanjung kebetulan cuti ke sana seminggu lebih.
pagi ini pas googling eh ketemu web mba ini, baca cerita mba jd kangen Tanjung lg terlebih cerita mengenai Murung Pudak.. secara aku lahir dan sekolah di sana.. ortuku jg sampe skrg masih tinggal di sana.. semoga Tanjung semakin maju yaaa..😉

Salam,

Donna
Balikpapan

3 10 2012
advanture

Salam kenal juga, terima kasih sdh mampir🙂

16 10 2012
sylvia

Saya baru 3 hari ini di Tanjung. Kebiasaan klo pindah ke daerah baru pasti googling n waktu lg googling ttg Tanjung eh ketemu blog ini. Seneng bacanya. Thanx ya… Jd bisa lebih kenal Tanjung dr blog ini n kudu coba sate itiknya tuh🙂

17 10 2012
advanture

Senang mendengar bahwa blog ini bermanfaat bagi pembaca & para petualang. Yup, wajib dicoba tuh sate itiknya tapi harap diingat, adanya hanya hari pasar🙂

18 10 2012
ADJI R

Sy jg pernah kerja di Tanjung, orangnya baik2. jd kangen sama tanjung.

18 10 2012
advanture

ya, orang di tanjung bersahaja & sifat kekeluargaannya kental, itu juga salah satu nilai plus kota ini🙂

14 11 2012
Tanjung | Hotel Tanjung

[…] Tanjung merupakan sebuah kecamatan di Pulau Kalimantan, tepatnya di kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. Daerah ini menyimpan kekayaan alam yang berlimpah dengan adanya cadangan batu bara, minyak bumi, dan gas alam. Oleh sebab itu, Tanjung banyak dikunjungi oleh pengusaha, ahli, dan pekerja bidang pertambangan dari berbagai kota di Indonesia. Seiring dengan meningkatnya jumlah kunjungan ke Tanjung, berbagai jenis akomodasi mulai didirikan di sekitar wilayah tersebut. […]

14 11 2012
advanture

Terima kasih infonya🙂

4 12 2012
Hotel Tanjung | Hotel Tanjung

[…] sering disinggahi oleh para pengusaha, ahli serta pekerja bidang pertambangan yang berniat menggali kekayaan alam di wilayah Tanjung. Tak hanya pengusaha, ahli, dan pekerja, kota Tanjung juga banyak dikunjungi oleh wisatawan yang […]

31 12 2012
Rahmat

wah jadi kangen sama kota Tanjung ini, baru berapa bulan yang lalu saya kesana untuk kerja praktek di perusahaan perminyakan sekalian pulang kampung juga karena kedua orang tua saya kelahiran Tanjung cuma mereka merantau ke Balikpapan. Insya ALLAH saya akan ke Tanjung lagi untuk Tugas Akhir saya 4 bulan nanti.

31 01 2013
Rangga

Saya rasa dlm bbrp thn lg kota Tanjung akan jauh lebih maju.. Saya baru dr sana, dan sangat kagum dgn pembangunan ny dlm setahun ini.. Disebelah hotel Aston skrg sdh berdiri perumahan mewah & Family karaoke Inul Vista.. Bahkan dr informasi masyarakat sbtr lg akan berdiri mall pula di sebelah ASton hotel..😉 Salut deh buat pembangunan di kota TAnjung…🙂

15 08 2013
winda sahara

Tanjung kota kaya raya,yg banyak djajah pendatang,hahaha
Saya sebagai putri daerah bangga menjadi orang tanjung

Trimakasih sudah mampir kekota kami…

21 07 2014
Ning Amrini

Hari Raya ini saya mau ke Tanjung..trm kasih infonya…

13 12 2014
Ichroman Raditya Duwila

saya searching di google tentang tanjung dan nemu blog mas ini, keren! saya pernah tinggal di tanjung dari kelas 3 SD sampai 1 SMP, di Murung Pudak tepatnya. Liat foto2 mas jadi kangen tanjung :’) apalagi taman 10k (taman gajah/taman kodok) dan masjid taqwa di Murung Pudak🙂

15 09 2015
Ardi Erindry

di tanjung skrng ini dalam pembangunan mal mewah, dan taman mewah sekalimantan . bangunanx di samping gedung DPR Tanjung. dan juga akan di bangun landasan pesawat (bandara) .
oh ya juga di bangun lokasi sport center, juga rel kereta api.
tanjung sbentar lg akan go internasional.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: