Pokoke Maknyus ( Wisata Kuliner Khas Tanjung, KalSel )

2 07 2011

Masih tentang Tanjung. Orang Tanjung suka sekali jajan, biasanya sarapan dihabiskan di warung-warung kecil yg menjual kopi atau teh serta wadai (kue / panganan ringan khas) yg sudah buka sejak pagi sambil berbagi cerita dg teman-teman diwarung tersebut.

Tradisi ini terus ada sampai sekarang walau warung kopi sudah sudah tidak banyak lagi. Terutama di hari pasar, anda akan menjumpai warung penjual makanan yg dipadati oleh warga yg sedang makan.

Kali ini saya mau bercerita ttg makanan yg biasanya di jual di Tanjung. Sebagian besar nama makanan disini mungkin terdengar asing, unik, dan tidak terdapat didaerah lain. Mari kita bahas satu-satu…

SATE ITIK

Sate itik terkenal di Kalimantan selatan. Dari namanya sudah ketahuan kan terbuat dari daging apa sate ini? Yup, sate ini dibuat dari daging itik / bebek. Penduduk kalimantan selatan kebanyakan memelihara itik ketimbang ayam, alasannya kenapa saya sendiri tidak tahu. Jenis itik yg terkenal adalah itik alabio. Mungkin itu sebabnya kebanyakan makanan khas kalsel terbuat dari itik, seperti itik panggang, sate itik, dsb.

Walau sate itik dijual dimana-mana di kalimantan selatan. Tapi menurut orang-orang sih yg terenak ya di Tanjung. Berdasarkan referensi sepupu-sepupu saya, yg paling mantap sih yg ada di pasar tanjung. Letaknya dibawah tangga paling belakang dimal beuntung. Biasanya ramai dihari pasar (Jumat).

Di samping rumah kakek saya sekarang juga jualan sate itik. Setelah mencoba keduanya, menurut saya sih rasanya sama-sama enak. Bedanya mungkin dibumbunya saja, yg dijual dipasar lebih kental & pekat sedang yg dijual di samping rumah lebih encer.

Jika anda hendak membeli sate itik, biasanya yg ditanyakan penjual adalah tulang atau daging? Sate itik dibuat dua jenis, tulang dan daging. Sate daging biasanya campuran kulit dan daging itik. Sedang sate tulang adalah tulang yg msh ada daging, digetok-getok sampe tulangnya berbentuk serpihan kemudian ditusukan ke lidi. Enak juga sih walau ribet banget makannya karena harus milah-milah tulangnya dalam mulut, kecuali mulut anda sudah terbiasa memilahnya.

SELUANG

Seluang ini adalah ikan kecil-kecil khas Kalimantan selatan. Biasanya makanan ini dijadikan oleh-oleh khas kalsel. Ada yg digoreng kering, pakai tepung atau sedikit basah. Ada asin sekali, ada juga yg tidak. Tapi rasanya yummy…

GANGAN PALIAT

Maaf saya lupa foto. Gangan artinya sayur. Makanan ini adalah ikan baung (kata orang sini, saya sendiri gak tahu bahasa indonesianya ikan ini) yg dimasak dalam kuah santan kental berwarna kuning. Saya sendiri tidak begitu suka, tapi krucil saya suka banget. Tiap hari beli, rebutan lagi hehe

PAKASAM

Makanan ini biasanya banyak dijual dipasar di tanjung. Jarang ada yg jual masaknya, jadi digoreng sendiri di rumah. Makanan ini adalah ikan sepat yg diasinkan, plus butiran-butiran beras ketan yg di tumbuk jadi kecil. Entah kenapa makanan di tanjung umumnya asin, mungkin karena letaknya di pinggiran sungai yg banyak ikannya. Sehingga cara teraman untuk menyimpannya agar tahan (sistem pengawetannya) menggunakan garam yg banyak, sehingga banyak sekali makanan yg terasa asin.

SOTO BANJAR

Nah makanan yg ini pasti pada tahu dong bentuk dan rasanya? Jadi saya rasa gak perlu disertai foto hehehe. Soto banjar terkenal sekali dimana-mana. Rasanya juga enak, apalagi dimakan selagi hangat.


Actions

Information

2 responses

20 08 2011
Nispi Syahbani

Salam kenal….
Masya Allah…. setelah baca postingan ini bikin kangen kampung halaman, terutama sate itik… emmmh makyuss… (eh yang jual sate itu masih keluarga saya lho… nenek idah dan paman H. Muhammad Nur)…

28 12 2012
Haderi

Sama dong, kita setuju tuh promonya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: