Tepian Mahakam

26 01 2010

Anak saya yang kedua (Alessandra 1,5th) sedang flu berat. Dia tidak mau makan selama beberapa hari, padahal adek (demikian kami memanggilnya) termasuk omnivora, pemakan segala jenis, biasanya tidak ada makanan yang ditolaknya. Untuk itu tugas kami sebagai orang tua adalah merayunya agar mau makan, ya walau secuil juga gak apa yang penting ada yang masuk. Berbagai cara di coba, dari menyiapkan segala jenis makanan, mengajak main, tetap gak mempan. Akhirnya kami pun mengajaknya jalan-jalan….jalan-jalan adalah salah satu kegiatan yang amat sangat disenangi adek. Mungkin seperti halnya abangnya, sejak bayi kami sudah mengajaknya berpetualang, jadi berpengaruh pula pada hobinya. Sehingga jangan pernah memakaikan pakaian jalan ke adek dulu, bila belum berniat jalan, atau jangan pernah mengatakan jalan-jalan ke dia bila memang belum akan jalan…karena dia akan merengek-rengek terus sampai jalan-jalan benaran…hehehe

Walau badannya masih hangat, kami pun mengajaknya jalan-jalan keliling kota Samarinda, karena ketika itu kami sedang berada di Samarinda. Dan ketika melalui Tepian Mahakam (masyarakat kota menyebut tepi sungai Mahakam sebagai Tepian), saya pun langsung beraksi…tunggu bentar yah, kita berhenti sebentar…dan biarkanlah istrimu fotographer dan blogger amatiran ini turun sebentar, mau ambil foto Tepian dulu…hihihi. Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya disebuah postingan, saya memang berniat menjadikan blog saya ini sebagai pusat informasi wisata Kalimantan Timur terlengkap. Terinspirasi blog seorang teman yang khusus mengangkat wisata di propinsinya, saya pun yang cukup kesulitan menemukan informasi serta foto-foto wisata di Kalimantan Timur tergerak untuk bertindak…halah sok iye…hehehehe🙂 Jadi walau pada awalnya saya hanya mengangkat kisah tentang tempat-tempat wisata di kaltim yang jauh dari pusat kota, mulai berpikir ulang…walah, mulai sekarang segala hal yang berbau Kalimantan Timur  dan pelosok-pelosoknya, harus masuk blog saya. Dan untuk itu, saya pun mulai rajin hunting foto-foto seputaran Kalimantan Timur. Dan untuk itupun kamera tidak boleh jauh dari mobil saya.

Kembali ke cerita, masih dengan mengenakan pakaian tidur dan bersandal jepit dengan warna yang tidak macthing…saya pun langsung sok sibuk ala fotographer handal, jepret sana…jepret sini. Naik sana, turun sini demi mendapatkan foto Tepian Mahakam yang bagus. Tepian Mahakam sekarang ditata dengan bagus, sehingga banyak taman-taman disepanjang Tepian. Dulunya jaman saya kecil, Tepian ini adalah pemukiman padat penduduk, namun secara perlahan tapi pasti disulap jadi taman-taman yang mempercantik wajah kota. Beberapa pedagang kaki lima biasanya memenuhi jalan-jalan dan taman-taman di sepanjang Tepian. Namun belakangan ini satpol PP sedang gencar menertibkan pedagang-pedagang tersebut, mengembalikan fungsinya sebagai taman wisata keluarga.

Dan inilah foto-foto hasil hunting saya tersebut, Tepian Mahakam, yang merupakan salah satu icon Samarinda. Belumlah lengkap ke Samarinda bila belum ke Tepian Mahakam. Menikmati sungai yang membelah Samarinda menjadi dua, Samarinda kota dan Samarinda seberang, sambil memperhatikan segala aktivitas yang terjadi di dalamnya, seperti hilir mudiknya tongkang bermuatan batu bara, beberapa masyarakat yang sedang memancing. Dan konon, air sungai Mahakam adalah pelet yang paling manjur, menurut kepercayaan bila seseorang pendatang telah meminum sungai Mahakam, suatu saat pasti akan kembali lagi ke Samarinda. Entahlah…anda bisa mencoba membuktikannya sendiri🙂

Patung Pesut, sejenis lumba-lumba dari air tawar yang merupakan mascot Samarinda

Samarinda Islamic Centre dari Tepian Mahakam

Taman di Tepian

Deretan kapal

Kantor Gubernur yang berada menghadap Sungai Mahakam

Tree…


Actions

Information

14 responses

28 01 2010
Lomar Dasika

akhirnya si mamah teh dengan suksesna poto poto Tepian Mahakam, tapi malah nggak foto si adek…hahaha….Tepiannya oke banged nih Jeung. gratis masuknya?

btw, cerita yang sama ada juga loch Jeung di Palembang dan kota-kota lain. Konon, kalau sampai minum air Sungai Musi di Palembang, selain suatu saat akan kembali ke Palembang, suatu saat akan mendapatkan jodoh orang Palembang loch…hehehe…boleh percaya boleh ngga😀

28 01 2010
advanture

Lomar,dikau emg sobat bloggerku yg terbaik *eits…hati2 tu idung jgn terlalu ngembang bgt kembang kempisnya*…selalu ksh komentar yg positif🙂 anyway…tepian gratis masuknya,kan ditepi jalan raya. Kapan2 ke kaltim dong,turut meramaikan visit kaltim..hip hip horey…hehe…

28 01 2010
Lomar Dasika

hihihihi….jadi malu eike….:”> *kembang kempis lebih sering…hahaha*

ooo…ditepian jalan raya toh? jadi tinggal berhenti dan menikmati pemandangan aja donk Jeung? mau banged sih ke Kaltim…tapi tiket murahnya belum kedapetan nich…hiks hiks…mana AirAsia udah tutup lagi kesana….mau banged keliling kota-kota trus sampe Bontang, Tarakan, Nunukan, Derawan, dan banyak lagi….huaaaaa…pengennnn

28 01 2010
advanture

Hayooooooo dong mampir,masa dilewati terus. Kan kalo ke sulawesi lewat tu mar,tinggal tepuk pundak pilotnya aja…berenti disini satu Pak…wekekekek…😀

29 01 2010
Lomar Dasika

kekeke…ntar diturunin pake parasut nyaho deh…hihihi

1 02 2010
dwi

haha sya disini malah belum foto” sama jalan” nih mbak… bingung mau kemana gak ada motor.. haha

1 02 2010
advanture

@ lomar : kalo diturunin pake parasut seneng dong,ada hal baru buat diceritakan di blog…kekekek…
@ deka : kan banyak angkot,gak mesti pake kendaraan pribadi kan hehe…

2 02 2010
dwi

ohh mennn… sya sudah hampir lupa rute angkot. hehe

2 02 2010
Lomar Dasika

wakakakakk…betul….ada hal baru untuk diceritakan…tapi deg degan pastinya😄

3 02 2010
dwi

iya mas Lomar, sya jg deg”an tiap kali pulang. tkutnya ntar kesasar naek angkot. hehehe…

4 02 2010
Lomar Dasika

hehehe,…itu seninya jalan2 :p hehehe

asal nggak kemaleman sich gpp deh, hajar terus😀

4 02 2010
dwi

hahaha, bnr mas Lomar,
tp sygny sya masih blum berani naik angkutan umum aka angkot. hhe…
tp asik sih kykny

16 05 2010
zhuel

saya orang jambi …
tpi saya asli samarinda kota kelhiran saya..
saya sngt mencintai kota samarinda….
tpi sya brhrp sama gubrnur samarinda ….
mju truz kota samarinda

17 05 2010
advanture

Tq sudah mampir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: