ALL ABOUT HOTEL (TOUR SURABAYA-BALI)

2 11 2009

Kayaknya yang paling sering di search orang adalah foto tempat wisata dan tentunya tarif hotel. Penting dong tahu tarif hotel sebelum memulai perjalanan agar bisa memperkirakan budget yang harus disiapkan untuk dihabiskan hehehe. Walaupun saya jarang banget membahas budget-budget, ternyata budget justru yang paling di cari pembaca blog, jadi agar blog saya ini semakin laris manis bak kacang goreng, gak ada salahnya saya mengikuti jejak para pendahulu saya sesepuh blogger jalan-jalan yang selalu detail menyertakan budget yang dikeluarkan.

Dalam sebuah perjalanan, biasanya budget yang paling besar dikeluarkan adalah untuk transportasi…ticket pesawat tu yang paling jadi beban, menohok para backpacker, memaksa para petualang mengerem keinginan untuk terus jalan-jalan. Dan yang kedua, apalagi kalo bukan penginapan. Masalah makan sebenarnya juga penting, tapi untuk masalah makan masih bisa diakalin lah ya, kalo gak dikadalin or buayain sekalian…hehehe. Sedangkan transportasi, tariff gak bisa nego, demikian juga hotel. So sebagai penggemar jalan-jalan, kita harus cermat memilih hotel yang pas di kantong supaya gak bikin jebol dompet🙂 yuks kita bahas tentang hotel-hotel yang saya datangin…yuks mareee…

SURABAYA

Picture 812Di Surabaya, saya menginap disebuah hotel tua ditengah kota yang hiruk pikuk di jalan Darmo Surabaya. Hotel ini adalah rekomendasi seorang teman, dan juga Lonely Planet. Lonely Planet emang andalan yang tepat buat para pecinta jalan-jalan dan petualang, selain tentunya blog saya ini…qqqqqq…:)

Bila dilihat dari depan, hotel ini emang bukanlah hotel yang waahhh…hotel ini malah walaaaahhhh….agak-agak mengecewakan dari segi penampakan. Tapi seperti kata pepatah, don’t judge a book by its cover, that’s right…hal ini berlaku untuk semua hal, yaaa manusia…juga bisa berlaku pada hotel…hehehe. Agak memprihatinkan, tapi dalamnya kan belum tentu, so lets check it out….ayo kita lihat dalamnya. Lobynya cukup bagus, begitu sampe dalam ada meja resepsionist, dan sofa merah keluaran index (halah…sok tewu) dipojokan. Disebelah meja resepsionist ada tangga ke atas, tempat beberapa kamar berderet-deret. Tampaknya ada bangunan baru, kamar-kamar baru di bangunan baru tersebut yang terlihat sedikit modern, walopun saya belum pernah melihat kamar di bangunan baru tersebut. Kayaknya sih disinilah kamar-kamar VIP berada…tarifnya paling mahal yaitu 175rb.

Kemudian ada lorong yang tepat menghadap jalan Darmo, dan disepanjang lorong tersebut berderet-deretlah kamar. Yaaa disinilah saya mendapat kamar, kamar exsclusive kalo gak salah, tarifnya 150rb/ malam + sarapan pagi jam 8.Di depan setiap kamar ada kursi-kursi tua dari jati, atau enath dari kayu apa yang dari penampilannya kayaknya dibuat jaman dinasti sebelum saya lahir, masa colonial dulu kalii yaaa. Tiap kamar juga memiliki model pintu antic, jadul habis. Tapi that’s oke sih…Di dalam kamar ada dua tempat tidur single dan lemari, meja rias, gantungan handuk serta tv dan ac tua, serta kamar mandi didalam. Tapi buat para petualang sangat amat cukup, bagi saya sih terutama.  Untuk sebuah hotel yang terletak di jantung kota, dgn harga demikian…saya kira cukup murah dan bagus.

Sekarang kita membahas tentang menu sarapan, hari pertama kami tidak makan di hotel, karena kami sudah beredar sebelum kantin hotel buka. Sarapannya cukup sederhana, yaitu sepiring nasi pecel + telur, dan segelas teh manis hangat. Setiap penghuni sudah dijatah dalam piring-piring yang disediakan begitu kita duduk, jadi seperti warung makan…hehehe…

BALI

Di Bali saya dan keluarga tercinta saya menginap di dua hotel. Mari kita bahas masing-masing.

Hotel Orange – Legian

Hotel ini letaknya di jalan legian, satu blok dari kuta. Gak terlalu jauh buat Picture 283anda yang ingin menikmati pantai kuta yang terkenal tersebut, bisa berjalan kaki atau juga dgn menyewa mobil / motor. Banyak jalan-jalan kecil yang tembus ke kuta buat anda yang suka menikmati jalan kaki, apalagi banyak hal yang bisa diliat sambil berjalan kaki, bisa window shoping, atau juga cari jodoh bule…halah…

Hotel orange terletak di tepi jalan besar, sehingga mudah terlihat…apalgi di seberangnya ada pasar Sukowati kalo gak salah nama pasar tersebut. Tempat berbagai toko-toko kecil menjual pakaian khas bali, sarung-sarung bali dan oleh-oleh khas lainnya. Hotelnya cukup besar, lega rasanya…didalamnya juga menarik. Untuk mempersingkat, saya langsung membahas tentang kamarnya saja.

Didalam kamar ada tempat tidur big size, tv, ac kamar mandi didalam dengan shower without air panas. Kamarnya cukup luas, mungkin karena pengaruh minimalnya perabot dalam kamar. Tarifnya permalam 250 rb + sarapan pagi ( entah apa sarapan paginya karena kami jarang sekali makan pagi di hotel). Menurut saya hotel ini cukup bagus, walo sepi…tapi bagus. Apalagi di dekat meja resepsionist banyak brosur dan peta Bali…cihuyy…menambah koleksi…hehe…

Hotel Sakura – Denpasar

Picture 675

Hotel ini kami temukan tidak sengaja, ditengah kelelahan yang mendera akibat nyasar-nyasar melulu, bertemulah kami pada sebuah papan petunjuk hotel yang kecil. Ciiiittt…rem langsung mendecit, yuk kita liat aja hotelnya seperti apa.

Begitu tiba di jalan kecil yang kalo gak salah jalan Kartini, dan memarkir mobil. Tampaklah dua patung besar pesumo sebelah kiri dan kanan tangga menuju ke lobby hotel. Dengan pencahyaan yang ada dimalam yang gelap, agak menakutkan buat saya. Lobbynya sederhana tapi manis sekali diliat. Yuk kita intip kamarnya. Kamar dengan tarif 250 rb/malam tersebut, sangat amat bagus menurut saya. Dengan kamar mandi didalam, bath tub+shower dan air panas, tv, ac dan tempat tidur big size dengan bed cover khas Bali. Terlebih di hotel ini juga tersedia kolam renang…top markotop, rancak banar kalo kata orang padang.

Sarapan pagi dikirim ke kamar yang terdiri secangkir teh, secangkir kopi, roti bakar dan dua butir telor rebus. Buat yang biasa sarapan nasi, mungkin tidak mengenyangkan, tapi bagi saya sudah cukup…apalagi rasa roti bakarnya enak. Untuk sebuah hotel kecil, hotel sakura saya rekomendasikan…apalagi staff hotelnya ramah dan informative.

Hotel Rosali – Situbondo

Picture 801Nah, hotel ini nyaris terlupakan untuk saya ceritakan, karena hotel ini hanya persinggahan beberapa jam saja buat kami, hanya tempat untuk meluruskan punggung setelah perjalanan panjang kami yang cukup melelahkan. Kami sampai di hotel ini jam 10 malam kalo gak salah, dan segera cabut di waktu subuh untuk melanjutkan perjalanan pulang.

Hotel ini terletak dijalan besar utama Bali – Surabaya, atau sebaliknya. hotelnya cukup luas, dengan banyak kamar. Tarif permalam cukup murah 150rb yang ac dan 80rb tanpa ac.Karena ketika itu kami sdg flu berat, dan sangat kelelahan dan mengantuk, kami memutuskan mengambil kamar tanpa ac, dgn tarif 80rb/malam + sarapan pagi serta kamar mandi didalam. Kamar ac dan non ac tidak berbda, yang membedakan hanya tambahan ac saja. Isinya sama, 2 Tempat tidur single yang kami satukan, tv, kamar mandi dan sebuah lemari serta kaca rias. Parkirnya sangat luas, dan teras kamar menghadap taman yang sangat luas yang ketika itu sangat amat berangin sehingga semalam suntuk saya berpikir sedang ada badai, karena bunyi angin yang berderu. Mungkin hal ini dikarenakan letak situbondo yang dekat dengan pantai.

Sarapan pagi, lagi-lagi saya tidak tahu karena seperti yang sudah-sudah kami sudah dijalanan lagi sebelum hidangan sarapan tersedia. Untuk sebuah hotel persinggahan, hotel ini very recomended…murah dan luas.

Actions

Information

3 responses

7 11 2009
nindee

halo! halo! sesama pecinta jalan-jalan yang punya dua bocah petualang, senangnya maen ke sini ^^
kayaknya once upon a time saya pernah nginep di hotel tua di jalan darmo surabaya itu deh…

5 12 2009
Lomar Dasika

Rancak Bana kali yach Bu maksudnya….hihihi….Kalau Rancak Banar jadi campurang Minang dan Batak donk hehehehe….

advanture

iyo uda, rancak bana’….onde mande…udo iko…salah dikit ajo cincailah…:)