Hunting Foto Bersama Sahabat – Jawa Barat

11 06 2009

20130105-102939.jpg

Saya baru saja mendapat komentar yang membangkitkan kenangan saya terhadap sahabat lama saya, seorang pemotret menurut istilah dia, yang kalo menurut dosen saya sih, seorang photographer (yang ketika saya kuliah dulu, nilai saya selalu memuaskan…halah, kok malah curhat nilai mata kuliah…hehehe).

Teman saya ini sebenarnya teman SMA saya, yang dulu waktu di SMA, kalo ketemu paling cuman say haii atau senyum-senyuman doang. Tapi karena dia juga kemudian kuliah di Bandung, dan mempunyai hobi yang sama dengan saya, yaitu foto…maka dipersatukanlah kami dalam perasaan senasib dan sepenanggungan dan seperjuangan…dan berubah wujudlah pertemanan kami yang semula biasa-biasa aja jadi sebuah persahabatan (bener atau bener bgt To? Awas kalo gak setuju…hehehe).

Teman saya ini sebenarnya kuliah di teknik, namun dia mempunyai hobi yang agak menyimpang, yaitu Photographi…yah sebenarnya gak nyimpang amat sih. Dan sahabat saya ini juga kadang-kadang berbaik hati mengajak saya hunting foto, berhubung dia punya kendaraan jadi saya tidak perlu capek turun naik angkot sehingga memudahkan petualangan hunting kami. Dan suatu hari ketika dia tahu kamera saya hilang tidak saya ketemukan lagi, dia dengan sangat baik hati meminjamkan satu set peralatan kamera miliknya yang mahal, yang membuat saya ketar-ketir takut hilang dan takut rusak.

Suatu ketika dia mengajak saya hunting foto di areal persawahan, yang karena saya buta peta dan lokasi, saya perkirakan berada di daerah subang (eh setelah belakangan saya konfirmasi, ternyata letaknya di soreang…jauh banget yak melesetnya wkwkwk…) Jawa Barat. Saat itu memang sedang musim panen. Tiba di daerah persawahan, setelah kasak kusuk menyiapkan peralatan dan kamera…yak, ready…and go. Jeprat, jepret sana sini, yang ketika saya lihat sahabat saya ini kok kayak gak ada kerjaan memotret petani yang sedang panen, emangnya gak ada objek yang lebih bagus, misalnya…eheeem…uhuk…saya gitu…hehehe. Walaupun saya suka dengan jurnalistik dan photographi, tapi ya ga segitu-gitu amat hunting petani panen??? Oalah… sayang film mahal hehe…maklum jaman dulu kamera hanya ada yang pakai film.

Karena ketika itu saya tidak bawa kamera, jadi tugas saya hanya penggembira. Hidup Anto…hidup petani…horey, dan setelah bosan sebagai penggembira, saya pun turun ke sawah, liat-liat ya siapa tahu ada padi yang tersisa yang bisa saya bekal pulang hehehe, dasar ogah rugi hehe🙂 Dari arah sawah, saya liat,laa…kok kerjaan sahabat saya nih makin aneh aja…kok sepeda pak tani sekarang objeknya.

Setelah puas hunting foto (buat sahabat saya ini) dan puas hunting padi (buat saya, yang menghasilkan sisa padi dikit pemberian petani yang katanya disisakan buat sebuah acara), kami pun beranjak pulang. Tentu saja hasil foto tidak bisa langsung dilihat, harus menunggu proses cuci cetak, karena kamera jaman saya muda dahulu biasanya bukanlah kamera digital.

Beberapa hari kemudian, sahabat saya ini datang lagi lengkap dengan foto hasil hunting kami sebelumnya. Dan hasilnya??? Ampuun Dj…. keren banget. Memang benar kata dosen saya, seorang photographer bisa merubah sebuah dunia, yang bila dilihat dengan mata telanjang biasa-biasa aja, tapi ditangan seorang photographer diolah menjadi luaaarrrr biasa. Dengan angle tertentu, dan teknik tertentu, sebuah dunia yang sehari-hari mungkin karena sudah terbiasa terlihat oleh mata kita menjadikannya tidak berarti, namun melalui hasil foto seorang photographer kita pun dibuat takjub lengkap dengan penjiwaannya. Ya ampyun…tobat deh, sungguh agung ciptaan Tuhan. Setelah upaya saya memohon-mohon agar diberi hasil hunting tersebut membuahkan hasil, saya pun menyimpan foto tersebut di album khusus…hasil-hasil karya sobatku, Anto sang pemotret. Teruslah berjuang To, jangan lupa….kirim dong hasilnya yang keren itu ke gue…

NB : foto di atas hasil karya sobat saya, Sudarmanto Edris


Actions

Information

One response

8 11 2009
anto

kalo gak salah dulu itu bukan di subang jeng.itu di soreang. soalnya seingatku aku gak pernah hunting foto panen padi di subang. jeng ini berlebihan ah. fotonya biasa2 aja kok,subyek fotonya yang emang menarik. sebuah foto hasil hunting di soreang dalam waktu yang berbeda sempat disertakan bersama dengan foto2 karya pak presiden SBY,pejabat negara,tokoh politik n public figure dalam pameran foto memperingati 61 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka (atau Istana Negara?). bisa dilihat pada katalog pameran (buku) terbitan Rumah Tangga Kepresidenan – Biro Pers dan Media – Sekretariat Negara R.I. boleh dong pamer dikit. thanx ya,aku akan terus berjuang!…

Leave a Reply

