Nipah-Nipah, PPU (Panajam-Pasir Utara) – Kaltim

7 06 2009

Ini terjadi sekitar 1 tahun yang lalu, ketika suami saya masih bekerja di Balikpapan. Saat itu, suami saya mendapat mobil dinas, yang walaupun jelek tapi lumayanlah dipakai jalan-jalan, terlebih lagi tiap menjelang weekend…seperti mengerti kebutuhan kami akan berpetualang, tanpa pernah diminta supir kantor selalu mengisikan bensin full. Jadilah walaupun punya mobil pribadi yang tdk kalah bututnya, kami selalu memanfaatkan fasilitas yang ada…ya, mumpung gratis, tdk perlu repot2 mikirin bensin lagi…hehehe.

Kesempatan ini kami gunakan untuk jalan-jalan seperti kebiasaan kami tiap weekend. Tapi kemana lagi ya? Semua tempat di Balikpapan dan sekitar sdh kami jelajahi. Akhirnya setelah mutar otak berkali-kali, kami mulai berpikir…kenapa tdk coba ke PPU (panajam-pasir utara) ? untuk mencapai Panajam ada dua cara yang bisa dilakukan, pertama melalui darat yaitu berjalan dulu kearah samarinda, sekitar 35km disimpang samboja belok kiri, ambillah jalan petung…jalan yang sama bila hendak ke bukit bangkirai. Jaraknya saya tdk tahu, yang saya ingat dapat ditempuh dalam waktu 2-3 jam. Sedangkan alternative yang lebih cepat adalah jalur air, di pelabuhan kariangau…belilah tiket kapal ferry, dan 1-1,5jam kemudian sampailah di PPU.

Sebenarnya PPU pun sdh pernah kami datangin, cuma ketika itu kami hanya numpang makan saja..lalu pulang lagi (yaa…begitulah kalo iseng..hehehe). Kali ini kami bertujuan mencari tempat wisata yang ada di sana. Berhubung hari masih pagi, kami pun masih fres…bensin masih full, hayuuu kita coba jalur petung, siapa takut? Jalan petung? Yaa serupa dgn jalan-jalan dikalimantan pada umumnyalah, kdg lewat hutan…kdg ada rumah penduduk, kadang jalannya bagus…kadang jelek, kadang mendaki, kadang menurun.

Setelah sampai di PPU, disimpang petung ada warung…kami pun mengisi perut dulu, makan ikan kembung bakar seharga 10rb, murah juga ya? Setelah itu kami mulai bertanya2, adakah pantai disini? Menurut info yang kami dapat, ada dua pantai, satu nipah2 dan satu lagi…(emmm apa yah?? Lupa euy). Menurut info yang terdekat nipah2…jalannya ikutin aja jalan menuju pelabuhan ferry, terus ada jalan disamping SD, disitulah nipah2. Setelah merasa sangat amat understand…kamipun jalan.
Mana yaaa…ayo semua pasang mata. Mana SD? Halah…ini sih sdh masuk pelabuhan ferry, udah lewat kali, ayoo putar lagi. Setelah berputar-putar 2 kali, dan setelah 3 kali bertanya…sampailah kami dijalan kecil yang berliku-liku, belok sana, belok sini…dan…hah? Jalannya terputus?

Ternyata dijalan terputus itulah Nipah-Nipah. Pantainya? Eemmm…lumayanlah, bukan tipe saya sih (emangnya cari pacar pake tipe2 segala), tapi yang penting tujuan utama tercapai kan? Sampai di pantai…hehehe. Pantainya jarang sekali kerang, belakangnya banyak pohon2 yang kayaknya sih pohon bakau. Lima menit dipantai, suami saya mengajak pulang…hayu kita pulang…yuuk mari. Kali ini kami memakai jalan pintas, naik ferry. Dengan membayar sekitar 100rb lebih (lupa lagi), 1 jam kemudian mendaratlah kami di Balikpapan. Cihuy…home sweet home…


Actions

Information

2 responses

8 06 2009
Tian

Wah senang petualang yach. Kami mengajak anda untuk mengunjungi Flores NTT dengan Nuansa pasir putih yang bersih, keindahan danau Kelimutu (danau tiga Warna) dan keindahan alam Flores Lainnya. Hee…salam kenal

12 06 2009
lomardasika

hahaha…jalan2 ngunjungin pantainya cuma 5 menit aja yach…wkwkwkwk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: