KL Sentral, Kuala Lumpur

19 02 2012


Sebelum pulang, saya, si ayah dan si bungsu (si sulung gak mau ikutan, ngetem di hotel saja) berkelana ke KL Sentral. Saatnya ngulik-ngulik pusatnya transportasi di Kuala Lumpur. Kami pengen nyari info tentang transportasi untuk pulang keesokan harinya.

Tiket pesawat kami jam 8 pagi, waktu tempuh kendaraan dari Bukit Bintang ke LCCT butuh waktu sekitar 1-1,5 jam tergantung jenis kendaraan yang dipilih. Plus cek in dan imigrasi, preventif ya 2-3 jam sebelum waktu keberangkatan pesawat kami sudah ke bandara. Itu artinya kami harus berangkat subuh dari hotel. Sebenarnya kami bisa agak santai berangkat karena sudah web cek in di Indonesia sejak beberapa hari sebelum berangkat, tapi ternyata tiket orang tua saya yang beda kota belum di cek in kan di internet, jadilah harus berangkat subuh.

Kalau mau praktis sih naik taxi, ya cukup 1 jam. Tapi karena harga taxi lumayan mahal sekitar RM 150 dari bukit bintang (kalau dari LCCT ke bukit bintang RM 200), sebagai backpacker kami mencari alternatif lain yang lebih hemat. Berburu informasilah kami di KL Sentral. Dari KL Sentral, saya tahu kalau monorail mulai beroperasi jam 6 pagi…hmmm, kayaknya yang ini gak bisa dipakai deh.

Di tempat ngetem bis tujuan LCCT, kami dapat info bahwa Skybus mulai beroperasi jam 3 subuh, dan jarak antara satu bis dengan bis selanjutnya sekitar 30 menit, harga tiket RM 10 untuk dewasa dan RM 4 untuk anak-anak…baiklah bis bisa digunakan menuju LCCT (lihat link ini http://www.skybus.com.my/schedule.html ). Sekarang mencari kendaraan disubuh hari menuju KL Sentral.

Monorail sih sebenarnya transportasi yang paling pas dan murah dari Bukit Bintang menuju KL Sentral, tapi paling awal beroperasinya jam 6 pagi. Jadi satu-satunya yang tersisa tinggalah taxi. Nah hati-hatilah memilih taxi, karena kebanyakan taxi menawarkan harga 2x lipat dari harga biasa, alasannya kalo subuh hitungannya midnight sehingga chargenya double. Untunglah security depan hotel memberitahu kami, hanya naik taxi yang ngetem di depan hotel diseberang hotel kami. Kalau yang itu pasti, wajib pakai argometer mau jam berapapun naiknya. Ketika itu kami hanya kena charge sekitar RM 29 ke KL Sentral untuk selanjutnya dari KL Sentral melanjutkan naik Skybus tujuan LCCT hanya perlu bayar RM 22. Totalnya ya RM 51 aja…lumayan hemat banyak babe…yippie…

Nah, setelah selesai berburu info…kami pun menjelajah KL Sentral ini. Wah ternyata tempatnya rapi, bersih, dan lapang serta lumayan canggih. Tiket-tiket kereta hanya perlu dibeli langsung dari mesin, anda tinggal masukkan uang (baik kertas maupun koin) kedalam mesin, lalu pilih tujuan…tiket langsung keluar. Praktis, gak perlu ngantri. Disini juga ada penjual-penjual souvenir, makan dan minuman, baju, dsb. Jadi, kalau kelaparan, haus atau butuh baju saat diperjalanan bisa langsung shoping hihihi. Tapi yang paling penting sih…dapat alternatif yang lebih hemat untuk perjalanan anda…hehe..

About these ads

Actions

Information

27 responses

21 02 2012
Lomar Dasika

hehehe…akhirnya, satu postingan negara Jiran dan tag Malaysia sudah membesar…hehehe…makasih ya jeung, ini bisa jadi referensi buat saya nih kalau nanti suatu saat nanti entah kapan akan bertandang ke negeri jiran sana…hehehehe

21 02 2012
advanture

wkwkwk…ah dek lomar bisa saja hehe..bukannya yg bisa dijadikan referensi IndahNesia?

12 04 2012
agnes

wah. lagi liat2 blog nya, ternyata ke malaysia ya mbak. saya kuliah di malaysia kebetulan. hahaa :)

12 04 2012
advanture

wah, bisa dong next year jd guide saya…hehe. salam kenal :)

31 07 2012
Dewi

Pak.. kalau boleh tau, nama hotel di bukit bintang tempat bapak menginap dimana ya? karena saya juga kesulitan transportasi karena pesawat saya jam 7 pagi dari LCCT.. Thanks

31 07 2012
advanture

Hai mbak dewi, salam kenal. Saya ketika itu menginap di Fahreinheit mbak, persis depan Pavilion. BTW, saya bukan bapak-bapak loh, saya ibu-ibu hehe..

1 12 2012
shanty

waaaa bagus bgt ulasannya jjs ke malay, sangat membantu,,,,,hehehe….salam kenal ya mbaaa

1 12 2012
advanture

Alhamdulillah, senang mendengar blog ini bisa bermanfaat. Salam kenal juga mbak Shanty :D

10 02 2013
pin

salam kenal…kalau beli tiket di LCCT skybus…itu pake nomor duduk..atau rebutan ya naik bisnya?ada jam tertentu sesuai pilihan kita?mohon ya infonya thx

10 02 2013
advanture

Hai, Salam kenal juga. Kalau dari LCCT beli tiket dulu didekat pintu keluar, baru naik bis…nah tiketnya gak pake nomor tmp duduk, jadi cepat2an aja nyari tmp duduk strategis hehe. Kalau dari KL Sentral, bisa beli tiket dulu atau lgsg naik bis dulu bayarnya di dalam bis…juga gak pake nomor tmp duduk. Kalau mau beli tiket skybus di internet harganya biasanya lbh murah dibanding beli lgsg…bedanya dikit sih sekitar RM 1/tiket. Bisnya ada tiap 30-45 menit jd gak masalah kok…yg penting ada tiket :D

10 02 2013
gioche27@yahoo.co.id

Aduh..sulit lg kalau rebutan duduk ya..kl naik taxi dr lcct mahal gak ya?sorry ya.ini juga jadi kendala buat saya..sy kepingin coba jalan keluar negeri dengan biaya yg murah..rasakan naik bis..karena selama ini selalu ikut tour..tp salah saya juga..dpt teman kali ini mau jalan ternyata gak mau pake bis..gak mau seret2 tas..apalg ini rebutan tempt duduk..
Sent from BlackBerry® on 3

10 02 2013
advanture

Kalau dari LCCT ke KL Sentral ya kalo lg ramai (byk pesawat baru mendarat) agak desak2an /rebutan naik sih, tp gak papa sih menurut saya…msh bs ditolerir. Kl gak mau rebutan, ya tunggu aja sampai semua penumpang naik, baru naik (kl msh ada tmp). kl sepi ya gak rebutan, kebetulan saya saat ramai jd ya agak rebutan. tp Gak kyk naik angkot kok, kalo tmp duduknya sdh penuh ya jalan, gak dipaksain berdiri krn bisnya banyak kok ada tiap 30-45 menit. Mslh koper sih santai aja, kan ada keneknya…dia yg ngurusin koper, tinggal ksh tahu dia…ini koper saya, ntar dia yang masukin bagasi. Naik taxi kl dirupiahkan agak mahal sih…sekitar RM 150 -an kl ke bukit bintang. Berbeda kl naiknya dr KL Sentral ke LCCT, krn penumpangnya dtgnya satu-satu jd naiknya ya gak rebutan.

10 02 2013
pin

Ya nakasih ya iNfonya…ya maksud. Sy seret2 koper bukan dibandara..awalnya tujuan sy lcct_kl pake bus.lalu mau beli tiket ke genting buat besoknya..nah i†u seret2 di kl centralnya..
Ya lihat keadaan lg ya..
šemoga semua baik2 ∂άϞ menjadi perjalanan yg menyenangkan..terima kasih banyAk

10 02 2013
advanture

Have a nice trip :)

26 02 2013
Malaysia Holiday november 2012

I enjoy reading through an article that can make
people think. Also, thanks for allowing me to
comment!

19 04 2013
mama-nya Kinan

hi mbak salam kenal yah….udah tamat episode KL nya.ijin .copas can print yah.. bagian penting penting …biar gak lupa..thanks juga info hip hop busnya..soalnya nggak lama stay disananya jadi kayaknya hiphop ini berguna sekali….insyallah tanggal 3 may berangkat dari batam ke KL …thanks banget mbak ulasannya berguna…aku juga ambil hotel seputaran bukit bintang….
doakan semoga lancar yah..*walah malah OOT..ajak krucil juga tapi satu..:)

19 04 2013
advanture

Salam kenal juga, selamat berlibur…have a nice trip and vacation :D

31 08 2013
Wisnu

kalau sampai KLIA jam 12 malam belum imigrasi dan ambil bagasi … kira2 naik apa ya ? ke KL Sentral

31 08 2013
advanture

bisa naik bis (skybus) ==> jadwal check sini http://skybus.com.my/schedule, atau naik taxi, bisa pesan dicounter bandara sebelum pintu keluar

29 09 2013
elly

Sy smp di lcct jam 8 mlm, nk bus ke kl sentral + bkt bintang +- 2 jam an ya, kl jln malam aman gak mbak? trus kl sy cek in ke hotel jam 10 an gak mslh kn ya, mbak?

29 09 2013
advanture

insyaAllah aman-aman aja mbak. ttg masalah cek in hotel, kalau sebelumnya sdh pesan di internet lebih baik diksh pemberitahuan ke pihak hotel bahwa mbak sampainya malam :)

3 12 2013
sanny

Halo mbak,,
Seneng deh ada yang share tentang KL.. Soalnya yang banyak tentang singapura, jadi agak bingung kalo mau jj ke malay..
Saya mau tanya2 ni mbak..
Rencana nya saya mau ke KL.. Tapi bener2 buta ni ttg KL.. Aplg saya bawa ortu saya.. Saya mau tanya:
1. Apa ada transportasi umum yang mudah seperti MRT di Singapura? Karena MRT di Singapura tuh gampang banget. Meskipun saya gak pernah ke sana sebelumnya, tapi saya gak nyasar. Pembayarannya pun cuma beli kartu yang bisa di pake kapan saja selama ada saldo. Apa di KL ada juga yang seperti itu? Soalnya saya bingung disana ntar jalan2nya gimana..
2. Keliatannya kendaraan yang paling ok dari LCC ke KL sentral aja ya? Seperti mbak bilang naik skybus itu.. Kalo ke tempat lain, ga ada yg model2 gt ya?
3. Ada rekomendasi guest house yang murah dekat KL ga? Maklum budget mini.. hehe

thx ya mbak,, maaf kalo tanyanya byk..

3 12 2013
advanture

Halo juga dan salam kenal. Langsung jawab aja ya
1) Ada monorail ke beberapa tempat tujuan dan simple banget juga (ada difoto tujuan beserta harganya), selain itu bisa menggunakan bis yg katanya skrg sudah ada bis gratis untuk turis di bukit bintang tapi dimananya saya juga belum tahu karena belum kesana lagi :)

2) Bis ada dimana2 kok, cuma skybus itu kalau gak salah tujuannya ya cuma LCCT dan KL sentral aja. tapi tenang aja bis ada banyak dimana2

3) Hotel, motel, atau penginapan mbak bisa cari di agoda.com atau booking.com atau hostelworld.com disitus itu mbak bisa membandingkan harga yang sesuai dengan keinginan.

Selamat berlibur :D

5 12 2013
sanny

Saya flight pagi dari KL. Rencananya mau naik skybus dari KL sentral ke LCCT. Tapi kalau misal saya tinggal di bukit bintang, untuk ke KL Sentralnya selain naik taxi ada alternatif lain gak? Soalnya setau saya MRT nya baru beroperasi pk 06.00 dan kendaraan2 umum tidak beroperasi 24 jam.

5 12 2013
advanture

Kebanyakan kendaraan umum memang tdk beroperasi 24 jam , jadi kalau subuh memang agak susah dan saya hanya tahu taxi sih. Gak tahu deh transportasi umum yg lain, tapi kalau mbak rombongan / orangnya banyakan, ya lebih baik naik taxi ke KL sentralnya dari sana baru pakai skybus… jatuhnya juga jd gak mahal. Tapi pakai yg resmi, kalau gak bisa kena charge double

7 12 2013
elly

Mbak, bs rekomendasi kn guest house di daerah bukit bintang yg sangat2 mrh? Kyk kos2 an harian gt. Mkn bs lbh murah dr yg di agoda. Maklum ya, mbak, sy mau meminim kn baged nih.
Thanks.

7 12 2013
advanture

Coba cari di hostelworld.com mbak…biasanya banyak hostel2 backpacker di website tersebut,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 597 other followers

%d bloggers like this: