Meloncat-Loncat di Kuala Lumpur

13 02 2012

Pagi-pagi semua sudah bangun, duo krucil pun mendadak bangun pagi (mungkin tak sabar bertemu upin ipin hehe). Makan, mandi…krucil siap. Tapi ibu saya ragu, hari ini kita jalan seputaran hotel aja yuk kata beliau. Rupanya karena kelelahan dan takut jalan jauh, ibu saya jadi ragu saya ajak jalan keliling Kuala Lumpur. Beliau mungkin berpikir, pasti nih si anak tomboynya ngajak jalan kaki jauh ala petualang kere, dan tidak percaya kalo saya bisa mengajak orang tua saya keliling tempat wisata di KL hanya dalam waktu 2-3 jam.

Setelah meyakinkan kalo tidak ada capeknya, tidak perlu jalan…hanya duduk manis dan pasang mata serta buka telinga, kami akan bisa mengajak keliling KL. Kok bisa? Pasti mahal ya? Weits, mahal termasuk dalam pantangan jalan-jalan ala advanture blog. Walau mungkin termasuk mahal jika dirupiahkan, tapi kalo hasil yang didapat sebanding atau malah lebih, itu namanya bukan mahal lagi..tapi hemat!

Malam sebelumnya kami sudah tahu shulther bisnya. Bus stop no 6 di Bintang Walk tidak jauh dari hotel kami. Namanya Hop On Hop Off, atau kalo ada bis tingkat dua yang ada tulisan KL Hop On Hop Off, itulah dia bis yang sudah sejak dari Indonesia saya canangkan sebagai kendaraan wajib kami mengantar keliling tempat wisata di KL. Kenapa kok saya ngefans sekali? Alasannya sih sederhana, dengan harga tiket RM 38 untuk dewasa dan RM 17 untuk anak-anak serta gratis untuk anak dibawah 3 tahun, artinya untuk 6 orang, saya hanya perlu ngeluarin RM 169. Mahal? iya kalo dirupiahkan kurang lebih 500 ribuan. Cukup mahal, tapi gak rugi atau kalo istilah orang Malaysia, berbaloi…worthed, pantas.

Hanya dengan RM 38 perorang, kami sudah bisa keliling tempat wisata di KL. Tiket berlaku 24 jam, artinya jika anda beli jam 10, berlaku sampe jam 11 keesokan harinya tanpa harus beli-beli tiket lagi. Walau sebenarnya bis hanya beroperasi kurang dari 12 jam setiap harinya, yaitu dari jam 8 pagi hingga jam 7.30 malam. Dari segi waktu memang rugi, tapi saya yakin anda tidak merasakan rugi sama sekali. Kenapa? bis ini mempunyai 22 stop, atau tempat perhentian yang terletak dipusat wisata. Bahkan ada beberapa stop, bis berhenti sebentar (antara 5-10 menit, tergantung tempatnya) untuk memberi kesempatan pada penumpang untuk berfoto-foto sebentar seperti di istana negara atau di KL tower.

Anda tak perlu ragu untuk berhenti ditempat-tempat yang anda inginkan, misalnya di lake garden (taman luas yang berisi berbagai macam objek wisata seperti taman burung / KL bird park, orchid park,planetarium, dsb) atau chinatown (pusat belanja oleh-oleh murah), little india (pusat belanja kain sari dan pernak pernik india), national museum, atau tempat-tempat wisata lainnya. Jangan khawatir akan angkutan, puas-puasin ditempat yang dituju, karena begitu anda selesai ditempat tujuan anda kembali lagi ke bus stop dan tunggu bis Hop On Hop Off (bis Hoho) selanjutnya. Selang waktu tiap bis dibrosurnya sih ditulis 20 menit, tapi kenyataannya 30-45 menit. Jadi anda bisa puas sepuas-puasnya..hehe. Dan yang lebih menyenangkan lagi, disetiap jalan yang dilalui, diberitahu oleh pemandu / guide dalam setiap bis tentang nama tempat, sejarahnya, dan tempat apakah itu..jadi serasa ikutan tour deh tapi lebih bebas karena sesukanya anda hendak berhenti dan mengeksplore daerah mana, berapa lamanya juga anda sendiri yang mengaturnya.

Seperti hari pertama, kami keliling semua stopnya. Berhenti di national museum, yang dari Indonesia si sulung sudah wanti-wanti pengen kesini. Karena sulung saya memang suka dengan museum, terutama karena disini banyak kereta api tuanya. Kemudian lanjut ke Lake Garden, puas-puasin bermain di Planetarium yang membuat lupa diri duo krucil. Kemudian masih di areal yang sama, melihat orchid park. Monyet-monyet dipepohonan, kemudian si adek pengen ke taman rama-rama (butterfly park) tapi ternyata semua sudah kelelahan karena areal lake garden luass banget. Sempat ke istana negara juga, berfoto-foto di istana serta penjaga berkuda yang menjadi icon istana negara ini. Lanjut ke bukit nanas tempat KL tower berada, foto-foto lagi. Tapi kali ini duo krucil sudah nyenyak tidur sehingga hanya saya yang turun. Kemudian kembali ke hotel, beristirahat sebentar. Sore perjalanan berlanjut lagi, kali ini tujuan hanya china town dan petaling street, tempat membeli oleh-oleh murah. Sudah saya bilang, kami bukan jenis pebelanja aktif. Jadi tujuan kesini hanya nemenin ibu saya serta untuk membeli sedikit oleh-oleh khas Malaysia untuk guru dan sahabat-sahabat anak saya. Dan kembali kehotel, karena hujan deras mengguyur KL, gak mungkin lagi jalan-jalan lagi. Besok the jouney masih berlanjut…senangnya…

PS : berikut link rute yang dilalui KL Hop On Hop Off http://www.myhoponhopoff.com/tourmap.php

About these ads

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 595 other followers

%d bloggers like this: